Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand

Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand

Strategi dan media pembelajaran menjadi penting karena kedua hal tersebut menjadi komponen yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah proses pembelajaran dan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.

Itulah mengapa setelah sukses melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) dan Majlis Agama Islam Wilayah Patani, Thailand kembali mengimplementasikan kerjasamanya dalam bidang Pendidikan.

Bertempat di Sasnupatam School, Thailand pada Rabu (10/1) Prodi PAI FIAI UII yang diwakili oleh Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I dan Siti Afifah Adawiyah, S.Pd.I., M.Pd.

Turut serta pula Mahasiswa Prodi PAI Arbi Nur Jaka melaksanakan Kegiatan Pengabdian Internasional yang diwujudkan dalam bentuk training ini.

Baca juga: Pelaksanaan MoU antara FIAI UII dan Kemenag Kabupaten Magelang

Tema yang diangkat untuk kegiatan training ini  adalah “Peningkatan Kemampuan Pedagogik dan Profesional Guru melalui Pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dr. H. Ahmedkamel Hj.Wan Yusof selaku Kepala Sekolah di Sasnupatam School sekaligus membuka acara. Kegiatan ini dihadiri oleh 70 peserta yang juga merupakan guru di sekolah tersebut.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam implementasi strategi pembelajaran aktif di kelas. Selain itu juga memberikan pengetahuan baru terkait cara mudah menghafalkan Al-Qur’an menggunakan metode Turki Usmani.

Dengan tema Peningkatan Kemampuan Pedagogik dan Profesional Guru melalui Pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam implementasi strategi pembelajaran aktif di kelas

Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Siti Afifah Adawiyah S.Pd.I., M.Pd tentang Teori Strategi Pembelajaran Aktif. Ia mengungkapkan bahwa sangat bangga bisa melihat antusias dari peserta saat melakukan presentasi padahal mereka itu guru yang sudah senior dan rata-rata sudah berumur 30’an tahun ke atas.

Sementara pada sesi kedua yang disampaikan oleh Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I yang merupakan Dosen Tetap Prodi PAI FIAI UII dalam penyampaiannya tentang Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif.

Selanjutnya, untuk sesi terakhir disampaikan oleh Arbi Nur Jaka yang merupakan salah satu mahasiswa berprestasi Prodi PAI tentang Cara Mudah Menghafalkan Al-Qur’an dengan Metode Turki Usmani.

Baca juga: Kunjungan Tim Pengabdian PAI di Desa Gantang, Sawangan, Kabupaten Magelang

“Semoga setelah pelatihan ini guru bisa memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi lagi ketika mengajar dan bisa memenuhi sisi psikologis siswa agar lebih mengena” pungkas Siti Afifah Adawiyah yang juga merupakan Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut. (Mufti)

Related Post

4 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand […]

  2. […] Baca juga: Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand […]

  3. […] Baca juga: Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand […]

  4. […] Baca juga: Pentingnya Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Sasnupatam School, Thailand […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *