Gerak Cepat FIAI Sosialisasikan UII Gateway

Sosialisasi Key in menggunakan UII Gateway

Wahyudi Kusomo Nugroho, S.Kom menjelaskan tentang UII Gateway kepada mahasiswa (Rizal/Mufti)

Dalam upaya pembenahan di sektor teknologi informasi, khususnya dalam hal layanan sistem informasi terintegrasi. Badan Sistem Informasi (BSI) UII saat ini tengah menggodok dan mempersiapkan terwujudnya UII Gateway sebagai layanan sistem informasi terintegrasi bagi civitas akademika di masa depan. Demi terwujudnya sistem yang dapat diakses oleh berbagai platform, baik mobile maupun desktop ini, BSI dalam langkah awalnya telah memasang lebih dari 800 akses poin di seluruh kampus UII. Tidak hanya itu, BSI UII juga mengganti kabel koneksi internet di berbagai area kampus dengan kabel berkualitas baik.

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dipilih  untuk menjadi percontohan pengaplikasian UII Gateway. Hal ini ditegaskan oleh Dr. Hujair AH Sanaky, MSI., selaku Direktur Pelayanan Akademik (DPA) UII. “FIAI dan FMIPA dipilih sebagai percontohan penerapan sistem UII Gateway karena mahasiswa yang tidak terlalu banyak sehingga tingkat erornya juga tidak terlalu tinggi”, Ujarnya saat ditemui di sela-sela kesibukannya.

FIAI Sosialisasikan Penerapan UII Gateway

Menanggapi hal tersebut, FIAI bergerak cepat untuk mensosialisasikan penerapan UII Gateway secara berkala. Diawali dengan sosialisasi melalui media sosial FIAI dan media sosial prodi-prodi dibawah naungan FIAI, hingga sosialisasi kepada mahasiswa secara langsung. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) yang secara progresif menilai pentingnya sosialisasi UII Gateway kepada mahasiswa, maka pada tanggal 11 Jumadil Awal 1440 H/ 17 Januari 2019 M menggelar Sosialisasi Key-in RAS serta Remediasi mengunakan UII Gateway kepada mahasiswa angkatan 2018 di Ruang kelas FIAI.

Baca juga: Sosialisasi Key-in RAS Bagi Mahasiswa Prodi PAI

Disampaikan Wahyudi Kusomo Nugroho, S.Kom sebagai Narasumber bahwa proses key-in mahasiswa nantinya akan lebih mudah melalui UII Gateway. Rencananya UII Gateway tersebut akan diuji cobakan untuk Remediasi ini. “UII Gateway nantinya akan menggantikan Unisys dan akan diuji cobakan untuk remediasi semester ini,” ungkap Nugroho.

Lebih lanjut, Nugroho memberikan pesan kepada Mahasiswa agar jangan memberi tahu pasword Unisys kepada teman sendiri. Informasi akademik dapat di akses mahasiswa melalui website fiai fis.uii.ac.id dan bisa melalui Facebook Akademik FIAI.

Laman Facebook Akademik FIAI: Divisi Akademik & SIM FIAI UII

Harapan atas UII gateway

Menurut Fikri Prilandifa, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) angkatan 2015, UII gateway adalah trobosan bagus yang dikeluarkan UII untuk membangun sistem informasi, khususnya bagi mahasiswa. “Setelah saya pelajari tutorialnya, sistem ini bagus bahkan bisa menyimpan mata kuliah belum masa key in”, katanya. Ia juga menambahkan bahwa fitur yang ada lebih fleksibel dari pada sistem sebelumnya (Unisys). Harapannya, UII gateway dapat diterapkan dengan baik dan memudahkan mahasiswa dalam key in. Begitu juga dalam pengembangannya agar lebih fleksibel dan disediakan fitur untuk mempermudah mahasiswa. “Lebih bagus lagi, menurut saya perlu disediakan menu KHS kumulatif agar mahasiswa repot repot membuka dua tab antara unysis dan UII Gateway”, tambahnya memberi masukan. (Rizal)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *