FIAI Serahkan Bantuan Recovery Pasca Bencana Palu dan Donggala

FIAI Bantu Recovery Pasca Bencana Palu dan Donggala.doc

Penyerahan secara simbolik bantuan recovery pasca bencana Palu dan Donggala dari FIAI UII melalui Rumah Zakat, yang diserahkan langsung oleh Dekan FIAI, Dr. Tamyiz Mukharrom, MA. (Rizal)

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) At-Ta’awun yang merupakan salah satu unit usaha FIAI bersama Rumah Zakat (RZ) sampaikan bantuan untuk recovery pasca bencana gempa Palu dan Donggala. Penyerahan bantuan secara simbolik disampaikan oleh Dekan FIAI, Dr. Tamyiz Mukharrom, MA pada hari Senin 23 Rabi’ul Akhir 1440 H/31 Desember 2018 M di Ruang Sidang FIAI UII.

RZ dipilih menjadi mitra untuk menyalurkan donasi yang digalang oleh BMT At-Ta’awun FIAI, karena mempunyai program recovery pasca bencana untuk korban bencana gempa Palu dan Donggala. Sesuai dengan prinsipnya, RZ adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, RZ juga sudah menjadi Non Governmnet Organization (NGO) Internasional dalam program pemberdayaan masyarakat. Dengan 45 kantor jaringan yang dipunyai, mudah bagi RZ untuk menerjunkan tim dalam recovery bencana dan pasca bencana. Adapun program recovery RZ berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. “Sudah 500 selter kami bangun untuk palu, program pembangunan rumah darurat, pembangunan masjid, dapur umum, pasar dan fasilitas perekonomian lainnya juga sedang kami siapkan untuk recovery pasca bencana,” ujar Liswanto selaku perwakilan dari RZ.

Program bantuan tahap kedua

Selanjutnya, Dekan FIAI menyatakan bahwa, penyampaian donasi ini adalah program bantuan tahap kedua yang diberikan kepada korban bencana Palu dan Donggala. “Tahap pertama sudah disampaikan langsung kepada dosen, mahasiswa dan kelauarganya yang terkena bencana,” jelasnya saat memberi sambutan dalam acara tersebut. Ia juga menambahkan bahwa program maal (sosial) FIAI yang digawangi oleh BMT At-Ta’awun dapat terus dikembangkan dan dapat berkolaborasi dengan berbagai lembaga sosial lainya. “Semoga barokah dan mendapatkan ridho dari Allah, dan dapat meringankan beban saudara kita yang terkena musibah,” tuturnya berharap.

Mochammad Rizal Nasrullah, SEI., ME., menyampaikan bahwa donasi yang terkumpul sebesar Rp. 12.908.600,-. “Kami sangat berterimakasih atas kepercayaan anggota dan para donatur atas amanah yang diberikan, semoga kedepan program-program pemberdayaan masyarakat kami lainnya dapat berjalan dengan baik dan konsisten, Aamiin.” harap manager BMT At-Ta’awun FIAI tersebut. (Rizal)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *