PSPAI Gelar Festival Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional

PSPAI Gelar Festival Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional

Malik Khidir, S.Si. selaku CEO Stechoq Robotika Indonesia sedang berikan materi pada acara sarasehan Festival Pendidikan Agama Islam 2018 yang diadakan oleh PSPAI FIAI UII.

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia  (UII) Menyelenggarakan Festival Pendidikan Agama Islam tingkat nasional tahun 2018, yang mengusung tema “Profetik Transformatif: Mengaktualisasikan Nilai-nilai Rahmatan lil ‘alamin”, (17/10).

Acara yang digelar di Gedung Kuliah Umum Dr. Sardjito tersebut bertujuan untuk menginisiasi lahirnya muslim yang berakhlak karimah, yang berperilaku sesuai dengan hati nurani, mempunyai kepedulian sosial, hingga mempunyai karakter spiritual yang jujur, toleran, demokratis dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Dengan agenda : expo PAI dengan pameran beragam produk pembelajaran di Prodi PAI UII, dan lomba tingkat nasional dengan cabang lomba olimpiade PAI, artikel ilmiah, kaligrafi dan mikroteaching.

Baca juga; Mahasiswa PSEI Raih Juara dalam Olimpiade Nasional Al-Qur’an

Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan 2, Dr. M. Roy Purwanto, M.Ag diikuti oleh 98 pelajar SMA/MA untuk kategori lomba olimpiade, 41 siswa SMA/MA lomba kaligrafi, 27 naskah artikel ilmiah dan 18 mahasiswa untuk cabang perlombaan mikroteaching.

Dengan total 250 peserta dan pendamping yang hadir pada acara ini dari berbagai daerah di Indonesia. “Ada peserta olimpiade yang datang berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara dan Pekanbaru, Riau,” ujar Lukman, M.Pd selaku Ketua Panitia.

Tujuan Festival Pendidikan Agama Islam

Acara ini bertujuan untuk menjadikan sarana terwujudnya local genius PAI UII dan mensosialisasikannya ke stackholder. Serta menjadi ajang silaturahim akademik antara lembaga pendidikan agama Islam se Indonesia.

Baca juga: Upaya PSPAI dalam Pengembangan KKNI dan Local Genius

“Tujuannya agar semuanya berkumpul, ada sharing, ada sarasehan, dan harapanya nanti akan ada saran, masukan untuk pengembangan Pendidikan Agama Islam,” tuturnya menambahkan.

Di akhir rangkaian acara tersebut digelar sarasehan dengan narasumber CEO Stechoq Robotika Indonesia, Malik Khidir, S.Si. Harapannya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin 2 tahunan prodi PAI sebagai komitmen dalam usaha memajukan PAI di Indonesia.

“Akan diselenggarakan secara berkelanjutan dan itu direncanakan setiap dua tahun sekali. Prodi PAI UII berkomitmen dan berikhtiar untuk meningkatkan kualitas PAI di Indonesia melalui event ini,” tutur Lukman menegaskan. (r)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *