Mahasiswa PSEI Raih Juara dalam Olimpiade Nasional Al-Qur’an

Ana Uswatun Khasanah (FIAI/Ekonomi ISlam angkatan 2017), Yoza Fernando (FIAI/Ahwal al-Syakhsyiyyah angkatan 17) dan Ega (FTSP/Teknik Lingkungan angkatan 2017) dalam Olimpiade Nasional

Ana Uswatun Khasanah (FIAI/Ekonomi ISlam angkatan 2017), Yoza Fernando (FIAI/Ahwal al-Syakhsyiyyah angkatan 17) dan Ega (FTSP/Teknik Lingkungan angkatan 2017) dalam Olimpiade Nasional

Ana Uswatun Khasanah mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih juara 3 dalam Olimpiade Nasional cabang lomba Musabaqoh Syahril Qur’an.

Ia meraih juara pada ajang Olimpiade Nasional Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dalam rangka Harlah ke -41 institusi tersebut. Acara pada 27-29 April 2018 M / 11-13 Sya’ban 1439 H mengusung tema “Bumikan Al-Qur’an dengan Seni, Wujudkan Peradaban Madani”. Acara ini telah berlangsung untuk yang ketiga kalinya.

Cabang Perlombaan dalam Olimpiade Nasional Al-Qur’an

Bersinergi dengan tema tersebut, acara ini menggelar sebelas cabang perlombaan Qur’ani.  Sebelas cabang perlombaan tersebut diantaranya adalah Musabaqoh  Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). Selain itu juga ada Estafet ayat, Musabaqoh Maqalatil Qur’an (MMQ), Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), Murotal Qira’at.

Tak lupa cabang perlombaan seperti Marawis, Hadrah, Nasyid, Kaligrafi, dan Editing Video juga turut diperlombakan. Ana bersama dengan kedua rekan satu timnya Yoza Fernando (FIAI/Ahwal al-Syakhsyiyyah angkatan 17); dan Ega (FTSP/Teknik Lingkungan angkatan 2017) menjadi bagian dari total 550 peserta yang mengikuti ajang tersebut.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Ekis Berkiprah di Prince of Songkla University, Thailand

Adapun Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ) adalah salah satu cabang lomba dalam bidang Musabaqoh yang mengungkapkan kandungan isi Al-Qur’an. Mengungkapkan kandungan dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah, pidato, dan uraian yang menunjukkan kesatuan yang serasi.

Berprestasi sejak di Bangku Sekolah

Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam lulusan MA Darul A’mal kota Metro Lampung ini sudah menorehkan banyak prestasi. Semenjak masih berada di bangku sekolah, beberapa prestasi yang pernah ia raih. Diantaranya adalah Juara lomba Da’iyah tingkat SMA, Juara 2 Syahril Qur’an tingkat sekolah dan Syahri Qur’an tingkat DIY 2018.

Juga beberapa torehan prestasi seperti Juara 1 Syahril Qur’an tingkat Jawa Tengan & DI Yogyakarta 2018, dan Juara 3 Syahril Qur’an tingkat nasional 2018. Ana merasa sangat bersukur dengan prestasi yang dapat ia raih. Bahkan sempat merasa tidak menyangka karena persaingan yang cukup ketat. “Alhamdulillah hasil tidak menghianati usaha” ujar Ana.

Ana juga berpesan untuk selalu berani mencoba, tidak takut untuk gagal dan terus Istiqomah berlatih. Karena usaha tersebut akan membuahkan hasil yang setimpal. Selain prestasi, Ana mengaku merasa senang dapat mengikuti beberapa ajang perlombaan. Karena pada momen tersebut ia mendapatkan banyak teman baru dan yang terpenting ilmu dan pengalamanya akan semakin bertambah.

Baca juga: Tim Debat FKEI Juara 2 dalam Ajang TEMILREG

Terakhir, Ana berharap untuk bisa terus berkontribusi secara positif untuk Prodi Ekonomi Islam. Sehingga dapat membantu menunjang Prodi Ekonomi Islam untuk meraih akreditasi (A) amin.

Related Post

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *