UII Juara Umum Gebyar Bahasa Arab 2017

UII Juara Umum Gebyar Bahasa Arab 2017

Kontingen UII beserta Piala Juara Umum GBA IAIN Cirebon. (Samsul/SAS)

Kontingen Universitas Islam Indonesia (UII) dinobatkan sebagai Juara Umum Gebyar Bahasa Arab (GBA) 2017 setelah memborong 6 piala juara. GBA diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Banten, 03-09 Sya’ban 1438 H/30 April-06 Mei 2017.

Piala pertama diraih oleh Wildan Maulana (Teknik Informatika, 2014) sebagai Juara 1 Lomba Essay. Selanjutnya, Saiful Aziz (IP Ahwal Al-Syakhshiyah, 2014) sebagai Juara 2 Lomba Essay. Tim Debat Arab UII yang terdiri dari Auzia Hilmy Muhammad (Ilmu Ekonomi, 2015), M. Fakhri Al-Kahfi (Ekonomi Islam, 2015), dan A. Maslahatul Furqan (Ekonomi Islam, 2015) berhasil meraih Juara 3.

Saiful Aziz juga meraih Juara 3 Arabic Speech dan Juara 3 Arabic Poetry Tafser. Terakhir, Arbi Nurjaka Lestari (Pendidikan Agama Islam, 2014) merebut Juara 3 Musaabaqah Qiraa-atil Kutub (MQK). Para jawara tersebut tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) El-Markazi UII yang fokus dalam bidang MTQ dan pengembangan Bahasa Arab.

“Alhamdulillah sejak berdirinya pada bulan Oktober 2016, El-Markazi kembali pulang membawa piala Juara Umum untuk yang ke-9 kalinya. Tentu pencapaian ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat mayoritas kompetitornya berasal dari prodi Pendidikan Bahasa/Sastra Arab,” tutur Saiful Aziz selaku President of El-Markazi yang selama di UII telah meraih 41 piala juara.

Baca juga: Jalin Komunikasi Efektif PSAS Adakan Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa

Menurut Aziz, walaupun para delegasi sedang berada dalam masa Ujian Tengah Semester (UTS) namun mereka dapat membagi waktu guna mempersiapkan diri dalam kompetisi nasional tersebut. Sehingga, tidak ada satupun dari mereka yang pulang tanpa membawa piala. “Harapan saya, semoga El-Markazi dapat terus mengharumkan nama UII dengan mempertahankan tradisi Juara Umum di bidang Bahasa Arab dan MTQ,” pungkasnya. (Samsul/SAS)

Related Post