,

Siapkan Dosen Arab, Hukum Islam Kunjungi Atase Agama Kedubes Arab Saudi

Salah satu kebutuhan penting Universitas Islam Indonesia (UII) untuk menuju World Class University (WCU) adalah tersedianya dosen asing. Dalam hal tersebut, semua unit program studi bertanggung jawab untuk mengupayakannya. Berkaitan dengan itu, Program Studi Hukum Islam (PSHI) FIAI melakukan negosiasi dengan Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mendapatkan jatah dosen Arab.

3Negosiasi dilakukan langsung di kantor Atase Agama di Jakarta, Selasa, 17 Rabiul Awwal 1437 H/29 Desember 2015. Turut serta dalam acara tersebut, Prof. Dr.  Amir Mu’allim, MIS., Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag., dan Dr. Drs. Sidik Tono, M.Hum. Menyambut langsung delegasi dari UII Mudir Atase Agama, Syeikh an-Nughaimisiy. Dia merespon baik dan berjanji akan memberikan bantuan untuk mendatangkan dosen Arab dimaksud.

Syeikh an-Nughaimisiy berpesan supaya UII menguruskan iqamah (izin tinggal) di Indonesia sebagai dosen untuk dosen yang akan ditempatkan di UII. Bila hal tersebut sudah dilakukan UII maka terkait dengan dosen bukan masalah yang berarti.

Penting dicatat bahwa hubungan antara UII secara institusional dengan Atase Agama cukup baik. Terbukti, ribuan buku telah diberikan kepada UII. Disamping itu, setiap tahun UII juga mendapatkan jatah kurma dan bantuan ifthar (buka puasa). (Samsul Zakaria)