,

Hukum Islam Kunjungi Lapas Batu Nusa Kambangan

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa adalah bagaimana mengaplikasikan teori yang didapat di kelas dalam dunia praktis. Dalam rangka menjembatani hal ini, beberapa dosen bersama para mahasiswa Program Studi Hukum Islam (PSHI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII melakukan kunjungan ke Lapas Batu, Nusa Kambangan, Cilacap.

4Kunjungan dilakukan pada Sabtu, 21 Rabiul Awwal 1437 H/02 Januari 2016. Turut mendampingi kunjungan tersebut, Dr. Drs. Sidik Tono, M.Hum. (Ketua Pusat Kajian dan Bantuan Hukum Islam [PKBHI]), Dr. Drs. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum. (Dosen), Anisah Budiwati, SHI., MSI. (Dosen), dan M. Khoirur Rofiq, SHI. (Staf). Kunjungan tersebut adalah kali kedua dimana sebelumnya dilakukan akhir 2014.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa dan dosen diberikan kesempatan untuk berdialog dengan para napi di Lapas Batu. Lapas Batu adalah satu diantara 7 lapas yang ada di Nusa Kambangan. Selain itu, mahasiswa juga mengunjungi kawasan pantai yang cukup eksotis di ujung lapas Nusa Kambangan. (Samsul Zakaria)