,

UII Rintis Hubungan Kerjasama dengan UniSSA Brunei Darussalam

Universiti Sultan Sharif Ali (UniSSA) adalah satu-satunya universitas Islam negeri di Brunei Darussalam. Meskipun tergolong universitas baru, UniSSA telah banyak memiliki dosen timur tengah yang banyak menelurkan karya. Disamping itu, bahasa pengantar perkuliahan di UniSSA menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

2Bertalian dengan itu, Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) membuka pintu kerjasama strategis dengan UniSSA. Delegasi FIAI UII berkunjung ke UniSSA, Kamis, 05 Rabiul Awwal 1437 H/17 Desember 2015 untuk berdialog dengan pimpinan dan para dosen UniSSA.

Dalam kunjungan tersebut FIAI UII diwakili oleh Dra. Sri Haningsih, M.Ag (Wakil Dekan), Nur Kholis, S.Ag., SEI., M.Sh.Ec (Ketua Tim), Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag (Kaprodi Ekonomi Islam), Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag (Sekretaris Prodi Hukum Islam), dan Drs. Muzhoffar Akhwan, MA (Pengasuh Ponpes UII).

Awalnya, UII sudah menyiapkan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan UniSSA. Namun penandatanganan tersebut tidak dapat langsung dilakukan. Hal itu karena UniSSA sebagai universitas negeri tidak dapat mengambil keputusan sepihak. Naskah MoU dan MoA harus diperiksa terlebih dahulu oleh peguam negara.

Betatapapun demikian, Dr. Hjh Mas Nooraini binti Haji Mohiddin selaku Dekan Fakulti Syari’ah dan Undang-undang (FSU) UniSSA menyambut baik kedatangan UII. UniSSA sepakat untuk menjalin kerjasama dengan FIAI UII dalam bidang pertukaran mahasiswa, riset bersama, dan aktivitas akademik lainnya. (Samsul Zakaria)