2 Mahasiswa PSEI Ikuti SEAMEO di Filipina

2 Mahasiswa PSEI Ikuti SEAMEO di Filipina

M. Fakhri Al-Kahfi dan Nafis Husna Khoirunnisa di sela-sela mengikuti Seameo di Filipina. (Photo: Samsul/Wigih/Istimewa)

Program Studi Ekonomi Islam (PSE) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya untuk mencetak lulusan yang profesional di bidang Ekonomi Islam. Upaya tersebut dilakukan dengan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan mahasiswa PSEI untuk aktif dalam kegiatan nasional maupun internasional.

PSEI juga berusaha meningkatkan kualitas Sumber Daya Mahasiswa (SDM) untuk tidak hanya professional sebagai praktisi namun juga membentuk lulusan yang siap menjadi pendidik. Berkenaan dengan itu, untuk pertama kalinya, PSEI menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di negara ASEAN. Atas kerjasama dengan Shoutheast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dalam program yang bertajuk Pre-Service Student Teacher Exchange in Shoutheast Asia (SEA-Teacher Project).

Baca juga: Siapkan Alumni Berjiwa Entrepreneurship, PSEI Gelar Inkubasi Kreativitas Mahasiswa

Program SEA-Teacher periode pertama ini diikuti oleh 2 mahasiswa PSEI angkatan 2015 yang berhasil lolos tahap seleksi berkas dan interview. Dua mahasiswa tersebut yaitu M. Fakhri Al-Kahfi dan Nafis Husna Khoirunnisa. Keduanya akan melakukan praktik mengajar mata pelajaran Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial di Filipina selama kurang lebih satu bulan sejak 5 Jumadil Ula/22 Januari-2 Jumadil Akhir 1439 H/18 Februari 2018. Pangasinan State University (PSU) sebagai host universitas kegiatan tersebut.

Keduanya tidak ditempatkan di satu lokasi yang sama. Nafis ditempatkan di PSU San Carlos Senior High School sedangkan Fakhri ditempatkan di PSU Integrated School Bayambang. Sebelum keberangkatan, delegasi dibekali dengan kelas persiapan berupa materi sosial budaya, strategi pembelajaran, dan bahasa Inggris oleh dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) FIAI. SEAMEO sendiri bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat menjadi pendidik yang berwawasan global dan siap menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

SEAMEO bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat menjadi pendidik yang berwawasan global dan siap menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi Asean

Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag, Kepala PSEI secara resmi telah melepas delegasi pada Selasa, 28 Rabi’ul Akhir 1439 H/16 Januari 2018. Saat pelepasan, doktor alumnus UIN Sunan Kalijaga tersebut menyampaikan doa dan dukunganya atas program yang akan delegasi jalani selama satu bulan.

Baca juga: UII Juara 2 Debat Arab Pekan ‘Arabi UM

Rahmani berharap hasil dari pengalaman batch 1 delegasi PSEI ini dapat menjadi gambaran dan motivasi bagi mahasiswa yang lainnya. Menurut Fakhri, keikutsertaannya dalam program ini merupakan suatu tantangan. “Ini adalah sebuah tantangan. Jadi sudah seharusnya kita selaku delegasi dapat menaklukkan tantangan tersebut dengan baik untuk dapat meningkatkan skill dan pengetahuan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Samsul/Wigih)