Siapkan Alumni Berjiwa Entrepreneurship, PSEI Gelar Inkubasi Kreativitas Mahasiswa

Siapkan Alumni Berjiwa Entrepreneurship, PSEI Gelar Inkubasi Kreativitas Mahasiswa

Talkshow Entrepreneurship Islam sebagai salah satu kegiatan IKM PSEI. (Photo: Samsul/Wigih/BEI)

Salah satu indikasi kesuksesan Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) adalah lahirnya Sarjana Ekonomi (Islam) yang memiliki jiwa entrepreneurship. Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, PSEI menyelenggarakan Bazaar, Talkshow, dan Business Plan Competition yang dikemas dalam Program Inkubasi Kreativitas Mahasiswa (IKM) bagi mahasiswa PSEI, khususnya yang memiliki bisnis atau usaha.

IKM dengan tema Mengembangkan Jiwa Entrepreneurship Islami dalam Persaingan Industri Keuangan Global tersebut digelar di Halaman Parkir Gd. KH. A. Wahid Hasyim, Senin-Selasa, 15-16 Rabi’ul Awwal 1439 H/4-5 Desember 2017. Hadir sebagai narasumber talkshow, Meika Hazim (Owner Coklat Ndalem) dan Andika Kairuliawan (Pengusaha muda, Pemilik Bengkel “Balu Oto Work”). Talkshow tersebut diikuti oleh mahasiswa PSEI dan pengunjung Bazaar.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat PSEI FIAI UII di Dusun Brongkol Argodadi Sedayu Bantul

Menurut Ketua PSEI Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag., Inkubasi Bisnis Mahasiswa PSEI 2017 ini merupakan program PSEI dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam berbisnis. “Agar mendapatkan (pengayaan) pengetahuan dan mengasah skill-nya,” tutur sosok yang menyelesaikan doktoralnya di UIN Sunan Kalijaga tersebut. “Sehingga mahasiswa tidak hanya tau teori tetapi juga praktik bisnis. Yang ditekankan, mahasiswa dapat meningkatkan skill dan jiwa entrepreneurship yang islami agar siap bersaing di industri keuangan global,” tutupnya.

Inkubasi Bisnis Mahasiswa PSEI 2017 ini merupakan program PSEI dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam berbisnis.

Baca juga: Bangun Kerjasama menuju PSEI Terakreditasi Unggul BAN-PT

Selain kegiatan inti IKM, PSEI juga mengundang beberapa group musik untuk tampil di panggung IKM. Hal ini dimaksudkan untuk menambah meriahnya acara dan menghibur mahasiswa dan pengunjung Bazaar. Tim Hadrah Pendidikan Agama Islam (PSPAI) FIAI yang masyhur dikenal Hadrah ash-Shiba tampil dalam kesempatan tersebut. Tidak ketinggalan, Tim Hadrah FIAI yang beranggotakan tenaga kependidikan (tendik) dan dosen juga unjuk suara melantunkan shalawat ‘Kisah Sang Rasul’ dalam IKM PSEI. (Samsul)

Related Post