Ahwal Al-Syakhshiyah Adakan Students Exchange ke USIM

Students Exchange Mahasiswa PSAS di FSU USIM. (Samsul/DPP)

Students Exchange Mahasiswa PSAS di FSU USIM. (Samsul/DPP)

Program Studi Ahwal al-Syakhshiyah (PSAS) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengirimkan 7 mahasiswa dalam program Students Exchange ke Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Negeri Sembilan, Malaysia. Selama di Malaysia, Selasa-Jumat, 19-22 Sya’ban 1438 H/16-19 Mei 2017, para mahasiswa mengikuti perkuliahan di kelas (sit in), mengumpulkan data riset, dan field trip ke beberapa lokasi di Malaysia.

Selama di USIM, mahasiswa belajar di Fakulti Syari’ah dan Undang-undang (FSU). Penting dicatat bahwa hubungan akademik antara FIAI UII dan FSU USIM sudah terjalin baik sejak lama. Pada mulanya, FSU mengirimkan mahasiswa untuk belajar Ilmu Falak di FIAI dan beberapa mahasiswa untuk magang (internship). Kemudian di tahun 2013, FIAI mengirimkan 5 mahasiswa untuk sit in dan riset salam 1 bulan di FSU dan Fakulti Pengajian Al-Qur’an dan Sunnah (FPQS) USIM.

Oleh karena itu, meskipun tidak rutin dilakukan, kehadiran mahasiswa PSAS di FSU dapat dikatakan sebagai students exchange (pertukaran mahasiswa). Dalam catatan hariannya, mahasiswa peserta program mengungkapkan kegembiraannya dapat mengikuti program. Apalagi, mereka baru pertama kali datang ke Malaysia. Karenanya, dari pihak PSAS meminta mahasiswa untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dan membagikan kepada mahasiswa lain.

Sepulang dari USIM, mahasiswa diminta untuk membuat laporan program. Selain itu, mereka juga diminta untuk menceritakan pengalaman hariannya di blog dan di-share di media sosial (medsos). Lebih penting dari itu, mereka juga harus menyelesaikan riset singkat yang rancangannya sudah dibuat sebelum berangkat ke Malaysia. Sebagian besar data riset tersebut diambil ketika di Malaysia. Pasalnya, semua riset berkaitan dengan kehidupan sosial agama di Malaysia (yang dibandingkan dengan di Indonesia).

Baca juga: Ahwal al-Syakhshiyah Gelar Seminar Nasional Hukum Keperdataan Islam

Bersamaan dengan students exchange tersebut, sebanyak 6 dosen PSAS juga turut memberikan kuliah (mengajar) di FSU USIM. Mata kuliah yang disampaikan yaitu Risaalatul Qadhaa’, Jinayah, dan Ushul Fiqh. Enam dosen tersebut yaitu Dr. Tamyiz Mukharrom, MA (Dekan FIAI), Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS (Ketua PSAS), Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag (Sekretaris PSAS), Dr. Drs. Sidik Tono, M.Hum (Kepala PKBHI PSAS), Dr. Drs. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum (Dosen PSAS), dan M. Roem Syibly, S.Ag., MSI (Dosen PSAS).

Pada hari pertama di USIM, Rabu, 20 Sya’ban 1438 H/17 Mei 2017, rombongan diterima langsung oleh Dekan FSU, Prof. Madya Dr. Zulkifli Hasan. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan tentang kerjasama lanjut yang lebih strategis mulai dari riset dan seminar bersama dan keberlanjutan dari students and lecturers exchange. Esok harinya dibicarakan lebih rinci tentang pertukaran mahasiswa PSAS FIAI dan FSU USIM selama 1 semester (credit transfer). (Samsul/DPP)

Related Post