,

PAI Adakan Workshop Open Journal System (OJS)

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) FIAI mengadakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terakreditasi dan Open Journal System (OJS) di Ruang Sidang FIAI, Selasa, 17 Dzulqa’dah 1436 H/01 September 2015. Hadir sebagai pembicara, Al-Makin, MA., Ph.D dan Saptoni, MA.

7bWorkshop tersebut bertujuan untuk menguatkan eksistensi Jurnal el-Tarbawi yang dikelola oleh Program Studi PAI. Selain eksis juga bagaimana bisa mendapat pengakuan (akreditasi). Disamping itu, perkembangan terkini tentang Online Journal System (OJS) yang juga tidak boleh diabaikan.

Di awal pemaparan materinya, Al-Makin, MA., Ph.D mengatakan bahwa mengelola journal harus ikhlas. “Siap mendanai, siap mem-back-up,” ujar dosen UIN Sunan Kalijaga yang juga Editor in Chief Jurnal al-Jami’ah ini. Artinya, dibutuhkan keseriusan dan komitmen yang tinggi.

Dia mengungkapkan beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh pengelola jurnal. Pertama, jurnal harus terbit secara berkala. Kedua, artikel yang di-publish adalah benar-benar ilmiah (penelitian lapangan atau studi literatur). Ketiga, sudah melewati proses review yang tidak sederhana.

Selanjutnya, jurnal harus fokus pada bidang tertentu. “Oleh karena itu kita lihat el-Tarbawi ini sudah sesuai belum dengan kriteria tersebut,” ungkapnya. Tidak kalah penting adalah maintenance penulis. Penulis yang sudah pernah nulis harus sering dihubungi.

Selanjutnya materi dari Saptoni, MA., terkait dengan Online Journal System (OJS). Dengan sangat antusias dia memaparkan tentang OJS. Salah satu peserta mengusulkan supaya lebih mudah dimengerti harus dengan praktik langsung. Namun karena terbatasnya waktu, hanya disampaikan materi secara lengkap namun tanpa praktik.