,

FIAI Adakan FGD Implementasi Mutu

Sudah semestinya sebuah program studi menjadi first choice, bukan pilihan kedua apalagi seterusnya. Dalam rangka mewujudkannya dibutuhkan kualitas yang terbaik dari masing-masing program studi. Selain itu, unit-unit atau pusat-pusat yang berada di bawah prodi juga perlu melakukan upaya perbaikan.

6bMerespon hal di atas, Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Mutu. Bertempat di Ruang Sidang FIAI, Rabu, 4 Dzulqa’dah 1436 H/19 Agustus 2015. FGD tersebut merupapakan keberlanjutan dari Workshop Implementasi Mutu yang telah dilakukan sebelumnya. Rangkaian kegiatan tersebut adalah bagian penting dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) Dekanat FIAI.

FGD diikuti oleh Kaprodi, Sekprodi, dan Staf dari Program Studi Hukum Islam, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Islam. Selain itu hadir pula Kepala dan Staf Pusat-pusat yang ada di FIAI. Secara struktural, pusat-pusat tersebut berada di bawah prodi.

Hadir sebagai narasumber dan fasilitator FGD, Kariyam, S.Si., M.S (Ketua BPM UII). Dia menerangkan bahwa rencana mutu harus dibuat komplit. Dengan begitu akan dapat diukur sejauh mana mutu sebuah lembaga secara komfrehensif. Terkait mutu, banyak agenda yang sudah dilakukan namun belum terekam dengan baik.

Rencana mutu dibuat semata-mata untuk checklist, mana yang sudah dilakukan dan mana yang belum. Penting pula dicatat bahwa rencana mutu hendaknya tidak kaku tetapi cukup fleksibel untuk disesuaikan. Setelah penyampaikan materi oleh narasumber sekaligus fasilitator dilanjutkan dengan diskusi masing-masing unit. Diakhiri dengan presentasi hasil diskusi serta masukan dari fasilitator.