PSEI dan Yayasan Bunga Selasih Berikan Pelatihan Perawatan Jenazah Wanita

Praktik Perawatan Jenazah Wanita oleh Yayasan Bunga Selasih Yogyakarta

Praktik Perawatan Jenazah Wanita oleh Yayasan Bunga Selasih Yogyakarta

Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) FIAI UII bekerja sama dengan Yayasan Bunga Selasih Yogyakarta berikan pelatihan perawatan jenazah wanita. Pelatihan tersebut diberikan kepada warga Dusun Brongkol, Argodadi, Sedayu, Bantul, DIY. Kegiatan pelatihan ini dikemas dalam program Da’wah Islamiyah Program Studi Ekonomi Islam 2018. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Desa Binaan, yang merupakan bagian dari Catur Dharma UII.

Kegiatan Pelatihan Perawatan Jenazah Wanita

Kegiatan berkala yang sudah berlangsung untuk ketiga kalinya ini dibuka secara resmi oleh Dr. Rahmani Timorita Yulianti selaku Ketua PSEI dan Purwanto selaku Sekretaris BPD Argodadi. Dalam hal ini, Purwanto mewakili Kepala Desa. Purwanto didampingi oleh Sugiat selaku Kepala Dusun setempat pada hari Jum’at, 13 April 2018 M / 27 Rajab 1439 H.

Soya Sobaya, SEI., MM sedang menyampaikan materi tentang “Adab Menghadapi Orang Sakaratul Maut”

Soya Sobaya, SEI., MM sedang menyampaikan materi tentang “Adab Menghadapi Orang Sakaratul Maut”

Baca juga: PSEI Berikan Pelatihan Manajemen Organisasi

Materi perawatan jenazah wanita dipilih berdasarkan problem yang ada. Problem tersebut adalah perawatan jenazah wanita masih dilakukan oleh kaum pria yang notabene bukan mahromnya. Soya Sobaya, SEI., MM., pada kesempatan itu menyampaikan materi tentang “Adab menghadapi orang sakaratul maut”.

Dalam hal ini ia mengajak kepada ibu-ibu warga setempat untuk mengetahui dan memahami tanda-tanda orang yang sedang sakaratul maut. “Jangan gegabah geh ibu, jika melihat orang yang sedang sakaratul maut.” tuturnya. Soya juga menceritakan pengalamannya saat menghadapi orang yang sedang sakaratul maut.

Harapan atas Pelatihan Perawatan Jenazah Wanita

Purwanto dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar kepada UII. Harapannya adalah agar UII dapat menyelenggarakan pelatihan yang serupa di dusun lain yang ada di Desa Argodadi. “Problemnya sih sama, bahkan hampir disemua dusun perawatan jenazah wanita masih dilakukan oleh pak kyai sesepuh setempat.” ujarnya. Pasalnya, masyarakat tidak mempunyai kapasitas untuk malakukan perawatan jenazah. Berdasarkan hal tersebut, agenda dakwah islamiyah ini dapat memberikan ilmu dan wawasan kepada warga perempuan untuk dapat merawat jenazah wanita.

Di akhir sesi, Yayasan Bunga Selasih Berikan Pelatihan langsung mengenai cara merawat jenazah secara detail, mulai dari memandikan hingga mengkafaninya. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ilmu dan wawasan serta kompetensi warga dalam melakukan perawatan jenazah wanita.” tutur Rahmani. Warga sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga diakhiri dengan sesi praktik langsung perawatan jenazah wanita. Praktik langsung perawatan jenazah dibimbing oleh tim dari Yayasan Bunga Selasih Yogyakarta.

Baca juga: Bangun Kerjasama menuju PSEI Terakreditasi Unggul BAN-PT

Sugiat menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas diselenggarakannya pelatihan perawatan jenazah wanita di dusunnya. “Terimakasih kepada bapak dan ibu dosen UII. Yang sudah berkenan dan bersusah payah datang ke dusun kami untuk melakukan agenda semacam ini.” ujarnya. (r)

Related Post

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: PSEI dan Yayasan Bunga Selasih Berikan Pelatihan Perawatan Jenazah Wanita […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *