Jajaki Peluang Kerjasama, FIAI Kunjungi KBRI Bangkok

Jajaki Peluang Kerjasama, FIAI Kunjungi KBRI Bangkok

Prof. Dr. Mustari, M.Pd (Atdikbud KBRI Bangkok) bersama Pimpinan FIAI. (Photo: Samsul)

Untuk kali pertama, Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand. Delegasi FIAI yang dipimpin oleh Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., diterima oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd., Kamis, 19 Rabi’ul Awwal 1439 H/7 Desember 2017.

Kunjungan ilmiah tersebut dalam rangka menjalin kerjasama dengan KBRI Bangkok di bidang dakwah islamiyah (internasional), riset, dan magang mahasiswa. Dalam sambutannya, Mustari mengapresiasi kehadiran delegasi FIAI UII. Guru besar UIN Alauddin, Makassar tersebut menyambut baik rencana kerjasama yang ditawarkan oleh FIAI khususnya Program Studi Ahwal Syakhshiyah (PSAS). “Untuk mahasiswa magang, tinggal disiapkan saja suratnya,” tutur Atdikbud yang baru menjabat sekira 7 bulan lalu tersebut.

Kunjungan ilmiah dalam rangka menjalin kerjasama dengan KBRI Bangkok di bidang dakwah islamiyah (internasional), riset, dan magang mahasiswa.

Mustari menceritakan bahwa KBRI Bangkok memiliki beberapa masjid binaan. Sehingga untuk dakwah internasional nantinya, pihak KBRI Bangkok akan membantu men-setting jadwal dakwah dosen di masjid binaan tersebut. Di luar itu, Mustari menyatakan bahwa hubungan diplomatik Indonesia-Thailand tergolong sangat baik. “Thailand (itu) respect to Indonesia,” ungkap sosok yang pernah mengikuti shortcourse di Amerika bersama salah satu dosen PSAS tersebut.

Baca juga: Ahwal Al-Syakhshiyah Adakan Students Exchange ke USIM

Dalam kunjungan tersebut, Dekan FIAI didampingi oleh Ketua PSAS Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS., dan Sekretaris PSAS Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag. Selain mengunjungi Bangkok, delegasi juga bertandang ke Thailand Utara tepatnya ke Chiang Mai. Kunjungan itu dimaksudkan untuk melihat potensi dakwah islamiyah di daerah tersebut. Salah satu hal menarik di Chiang Mai yaitu adanya perkebunan kurma dengan buah melimpah, tepatnya di daerah Chai Prakan.

Baca juga: Sounding Perkembangan dan Prestasi, FIAI Gelar Jumpa Pers

Rangkaian kunjungan tersebut membuahkan hasil yang positif untuk pengembangan FIAI umumnya dan PSAS khususnya untuk terus go international. Pasalnya, selama ini kerjasama yang terjalin terkonsentrasi dengan Malaysia. Karenanya, selain masih bekerjasama dengan Fatoni University (FTU), Thailand, FIAI mencoba membuka keran kerjasama strategis yang baru dengan lembaga lain yang ada di Thailand. (Samsul)

Related Post

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *