Sounding Perkembangan dan Prestasi, FIAI Gelar Jumpa Pers

Sounding Perkembangan dan Prestasi, FIAI Gelar Jumpa Pers

Jumpa Pers di FIAI UII. (Photo: Samsul)

Demi menjalin kedekatan dengan media massa, Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Jumpa Pers (Press Conference) dengan 8 wartawan media cetak dan elektronik (online). Acara dilaksanakan di Ruang Sidang FIAI, Selasa, 3 Rabi’ul Awwal 1439 H/21 November 2017. Hadir dalam acara tersebut Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., dan Ketua Program Studi Ahwal Syakhshiyah (PSAS) Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS., yang didampingi Direktur Humas UII Karina Utami Dewi, SIP., MA.

Baca juga: Program Studi Ahwal Syakhshiyah Sukses Adakan Studium Generale Dengan Tema “Bekali Diri, Menjadi Mahasiswa Sejati”

Dalam Jumpa Pers tersebut disampaikan tentang Perkembangan dan Prestasi FIAI UII. Tamyiz menyampaikan bahwa banyak prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa FIAI baik tingkat internasional dan nasional. Dari konteks akademik keprodian, FIAI telah memiliki kelas internasional Bahasa Arab PSAS. Lebih spesifik, menurut Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) an-Nasyath, Mlangi tersebut, FIAI sedang mendapatkan keberkahan dimana 7 alumni PSAS diterima sebagai calon hakim (cakim) Pengadilan Agama Mahkamah Agung (MA) RI.

Tamyiz menyampaikan bahwa banyak prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa FIAI baik tingkat internasional dan nasional.

Amir Mu’allim menyatakan bahwa diterimanya 7 alumnis PSAS sebagai cakim adalah bukti bahwa proses pembelajaran di PSAS dapat diserap dengan baik. Hal ini karena kurikulum PSAS menggabungkan keterampilan teoritis dan praktis sekaligus. Dalam perjalanannya, materi tidak hanya didapatkan di ruang kelas namun juga melalui kuliah lapangan/praktik/magang di KUA, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer, Pengadilan Tata Usaha Negara, dan juga lembaga pemasyarakatan (lapas).

Baca juga: 7 Alumni PSAS Diterima sebagai Calon Hakim PA

Menurutnya, sistem pendidikan di PSAS FIAI UII cukup integratif. Mulai dari stadium general bagi mahasiswa baru yang diisi oleh alumni yang sudah berkarir di masyarakat. Hal ini dimaksudnya dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa baru. Selanjutnya, proses perkuliahan yang diampu oleh dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman, baik alumni luar negeri maupun dalam negeri. Sebelum prosesi wisuda, FIAI juga memberikan pembekalan dan melepas secara resmi calon wisudawan. Seluruh upaya tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan alumni yang siap terjun berkiprah dan bersaing di masyarakat. (Samsul)

Related Post