Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam UII Jadi Role Model

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dr. Drs. Muntoha, SH., M.Ag.: Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam UII Jadi Role Model PT lain

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengawali kegiatan Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam (ONDI) bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2017 di halaman Gedung A. Wahid Hasyim, Rabu, 01 Dzulhijjah 1438 H/23 Agustus 2017. Kegiatan yang merupakan program wajib universitas tersebut dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII. Kegiatan ONDI berjalan selama 2 hari dimana di hari kedua digunakan untuk Placement Test Agama (PTA).

Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam UII

Dr. Drs. Muntoha, SH., M.Ag., sedang memberikan sambutan dan membuka secara resmi ONDI bagi mahasiswa baru FIAI. (Photo: Samsul)

Kegiatan diawali dengan pengarahan dan motivasi oleh Ketua Panitia ONDI untuk FIAI, Junaidi Safitri, SEI., MEI. Sebelum pembukaan resmi, mahasiswa juga mendapatkan motivasi singkat untuk menguji konsentrasi untuk meraih kesuksesan. Selain itu, mahasiswa diajak untuk berlatih kekompakan dengan bertepuk tangan. Hal tersebut diberikan untuk menanamkan kesan bahwa belajar harus diawali dengan suasana hati yang gembira. Bila demikian maka akan mudah menerima materi yang disampaikan selama ONDI.

Baca juga: Audit TUV Rheinland bukan Cari Kesalahan

Dalam sambutannya, Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., mengucapkan selamat datang (tarhiib) kepada mahasiswa baru. Tamyiz—sapaan akrabnya—juga mengenalkan pejabat FIAI yang hadir dalam kesempatan tersebut. Yaitu, Wakil Dekan FIAI, Dra. Sri Haningsih, M.Ag; Ketua Program Studi (Kaprodi) Ahwal Al-Syakhshiyah (AS), Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS; Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Dr. Junanah, MIS; Kaprodi Ekonomi Islam, Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag; dan Sekretaris Prodi AS, Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag.

Baca juga: Pra-Rakorja FIAI: Siapkan Generasi Terdepan menjadi Teladan

Direktur DPPAI, Dr. Drs. Muntoha, SH., M.Ag., menyampaikan bahwa Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam dapat dikatakan sebagai substitusi dari Program Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). “Alhamdulillah, ONDI menjadi contoh (role model) bagi Perguruan Tinggi (PT) lain. ONDI ini adalah yang pertama di dunia,” tutur Muntoha yang merupakan Dosen Tetap Fakultas Hukum (FH) UII. Setelah acara pembukaan, mahasiswa langsung menuju ke kelas untuk menerima materi ONDI meliputi Tauhid dalam Islam, Hakikat Tauhid, Ibadah, dan Akhlak. (Samsul)

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.