,

Studium Generale Program Studi Pendidikan Agama Islam

Perjalanan seratus kilo meter bermula dari langkah kaki pertama. Mencapai satu tujuan adalah awalan untuk mencapai tujuan yang lain. Demikianlah yang mengemuka dalam Studium General (SG) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII). Bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU), Rabu, 21 Dzulqa’dah 1437 H/24 Agustus 2016.

5 (4)SG dengan tema “Arriving at One Goal is teh Starting Point to Another (John Dewey)” tersebut menghadirkan narasumber seorang alumnus PSPAI, Ahmad Syafi’i, S.Ag. Dia mengawali paparannya dengan memutarkan video dengan judul “Hidup adalah Pilihan”. Dari video tersebut, Syafi’i mengajak mahasiswa untuk mengambil pelajaran.

Menurutnya, mahasiswa harus fokus dan bersungguh-sungguh untuk menjalani dan meraih pilihan hidupnya. Syafi’i juga bercerita tentang pengalaman hidupnya semasa menjadi mahasiswa. Terakhir dia berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi sosok yang ideal yaitu yang berprestasi secara akademik dan non-akademik.

Sementara itu, narasumber kedua adalah Dosen Tetap PSPAI, Siska Sulistyorini, S.Pd.I., M.Pd.I. Untuk menghangatkan suasana dia memberikan ice breaking kepada mahasiswa baru. Setelah itu dia menyampaikan profil singkat UII dan PSPAI, prestasi PSPAI, catur dharma UII, dan lain sebagainya.

Siska juga mengutarakan tentang strategi sukses belajar di perguruan tinggi. Selain itu dia juga memaparkan tentang program-program unggulan bagi mahasiswa PSPAI, seperti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional. PPL Internasional tahun 2016 yang mengambil lokasi di Malaysia dan Thailand telah berjalan dengan baik. Tidak ketinggalan, dia juga mengenalkan dosen-dosen dan staf PSPAI.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan FIAI Dra. Sri Haningsih, M.Ag., meminta mahasiswa untuk memiliki mimpi yang positif sebagai penyemangat hidup dan perjuangan. “Meraih mimpi itu dengan ilmu,” tegasnya. Dia juga mengenalkan tentang C4U (capable, credible, cummunicative, convidence, dan uswah) yang menjadi ruh (orientasi) perkuliahan di PSPAI.

Sebelumnya Ketua PSPAI, Dr. Junanah, MIS., menyambut mahasiswa dengan ucapan selamat datang di PSPAI. Junanah berbagi tips tentang sukses belajar di PSPAI. Dia juga mengenalkan secara singkat dewan dosen PSPAI. Prospek alumni PSPAI juga dipaparkan dengan baik yaitu menjadi pendidik, peneliti, entrepreneur, dan lain-lain. (Samsul Zakaria/PAI)