,

Studium Generale Program Studi Hukum Islam

Dalam rangka memberikan bekal awal bagi mahasiswa baru, Program Studi Hukum Islam (PSHI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Studium General (SG). Bertempat di Auditorium Fakultas Teknologi Industri (FTI) lantai 3, Selasa, 27 Dzulqa’dah 1437 H/30 Agustus 2016. SG tersebut juga bertujuan untuk membina mahasiswa baru PSHI.

2Hadir sebagai narasumber, Imam Mustofa, SHI., MSI. Alumnus PSHI tersebut saat ini menjadi Dosen Tetap Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo, Metro, Lampung. Di awal paparannya dia menyampaikan bahwa dia merasa terhormat diberi undangan untuk mengisi SG. “Tidak ada mantan murid. Orang tua saya yang telah ‘menurunkan’ saya ke bumi. Guru-guru (dosen-dosen) saya yang akan ‘mengembalikan’ saya ke langit,” tuturnya kepada dosen dan mahasiswa yang hadir.

Imam Mustofa menyemangati mahasiswa untuk lebih membuka wawasan. “Perintah yang pertama kali turun adalah perintah iqra’ (membaca), bukan ngorok,” ungkapnya sembari berseloroh. Oleh karena itu, tambahnya, yang utama adalah bukan masalah bagaimana masa depan. Tetapi adalah apa yang harus disiapkan untuk menyongsong masa depan. Berhasil tidaknya kuliah tergantung keinginan kuat mahasiswa. “Penjajah yang paling kuat adalah diri sendiri,” katanya menegaskan.

Dia juga memaparkan bahwa peluang berkarya bagi alumni PSHI sangat luar biasa. Tergantung bagaimana mahasiswa menyiapkan diri sebaik mungkin. Dia menegaskan bahwa mahasiswa harus rajin bangun pagi. “Kalau bangun pagi saja sulit bagaimana membangun rumah tangga. Bagaimana membangun masa depan,” tukasnya dalam SG yang dimoderatori Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag tersebut.

Selain itu, Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS (Ketua PSHI), juga turut menjadi narasumber SG. Dia menyampaikan bahwa mahasiswa harus kuliah dengan serius dan mampu go international. Hal ini sesuai dengan komitmen PSHI untuk terus mengembangkan atmosfir akademik berwawasan global. Sebelumnya dia mengenalkan seluruh Dosen Tetap dan Staf PSHI. Prof. Amir juga menyampaikan keunggulan-keunggulan PSHI.

Dalam sambutannya, Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., menyampaikan bahwa kurikulum PSHI banyak yang bersifat internasional. Artinya beberapa mata kuliah juga berlaku di universitas Islam yang ada di dunia. Dia juga memotivasi mahasiswa untuk terlibat dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dimana tahun depan (2017) UII rencananya menjadi tuan rumah untuk tingkat nasionalnya. (Samsul Zakaria/Syari’ah)