,

PAI Adakan Seminar Nasional Pendidikan Islam

Selasa, 02 Rabiul Akhir/12 Januari 2016) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (MHJ PAI) mengadakan seminar nasional pendidikan Islam yang bertajuk “Bahagia Menjadi Gurunya Manusia”.

Acara yang menghadirkan Munif Chatib, penulis buku best seller Gurunya Manusia, Sekolahnya Manusia, dan Orangtuanya Manusia, plus pemilik SMA School of Human (SOH) ini berhasil menyedot perhatian peserta. Peserta bukan hanya terdiri dari mahasiswa di sekitar Yogyakarta tetapi juga guru, dosen, dan pegiat pendidikan lainnya.

Dalam semi1.1nar yang diselenggarakan di Auditorium KH. Abdul Kahar Mudzakir tersebut, Munif Chatib menyampaikan materi tentang langkah-langkah mendidik yang mengedepankan value memanusiakan manusia. “Ada lima ‘bingkisan’ yang harus kita buka agar tujuan mendidik dapat diraih dengan maksimal. ‘Bingkisan’ pertama yang harus kita ‘buka’ adalah bintang,” ungkap pria yang juga menginisiasi Program Guardian Angel Camp untuk praktisi pendidikan ini.

Materi yang disampaikan Munif Chatib bukan hanya berhasil memberikan renungan bagi peserta tetapi juga motivasi untuk lebih serius mengaktualisasikan nilai memanusiakan manusia  dalam segala proses pendidikan yang diberikan kepada siswa. “Jika kita tidak menyadari dan memahami bahwa tiap anak adalah bintang maka seterusnya kita tidak akan dapat membantu mereka mengembangkan potensinya,” lanjutnya.

Selain menghadirkan Munif Chatib sebagai pemateri, acara ini juga turut mengundang Agus Inspirator, seorang guru Sekolah Luar Biasa yang juga motivator tunanetra. Agus  pernah mendapatkan beasiswa leadership camp di Osaka, Jepang dan berhasil membawa band asuhannya mendapatkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) sebagai band tunanetra termuda di Indonesia. (Samsul Zakaria/Rizka AS)