,

FIAI Datangkan Native Speaker Arab

Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah dengan berkomunikasi langsung dengan orang asli dimana bahasa itu berasal. Adalah al-Ustadz as-Sayyid ar-Rifa’i al-Mishri, MA., dosen Mesir yang saat ini sedang mengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo datang ke Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII untuk memberikan kuliah.

12. Matrikulasi 2Acara bertajuk “at-Taujihat wa al-Irsyadat lil Fashl ad-Dauli” tersebut diadakan di Ruang Sidang FIAI, Sabtu, 19 Dzulhijjah 1436 H/3 Oktober 2015. Hadir sebagai peserta 25 mahasiswa hukum Islam yang sudah terseleksi sebagai mahasiswa program internasional bahasa Arab.

Prof. Dr. H. Amir Mu’allim, MIS., selaku Kaprodi Hukum Islam dalam sambutannya dengan sangat antusias menyemangati mahasiswa. Dia memaparkan bahkan secara resmi kelas internasional memang sudah dibuka namun pelaksanaan kuliah reguler akan dimulai semester genap ini.

Sementara itu, Sayyid Rifa’i pertama-tama mengungkapkan takjubnya atas Indonesia. “Indunisiyya jannatullahi fi al-ardh,” ujarnya. Maksudnya, Indonesia adalah surga Allah di muka bumi. Lebih lanjut dia menerangkan bahwa bahasa adalah basis komunikasi. “Al-lughatu asas al-kalam,” tambahnya.

Dalam kuliahnya, Sayyid Rifa’i mengajak mahasiswa untuk lebih berani berkomunikasi dengan bahasa Arab. Di sela-sela itu, dia bertanya kitab apa yang terakhir dibaca mahasiswa. Mahasiswa yang hadir merasa tertantang untuk lebih menguasai bahasa Arab.