Sembilan Mahasiswa Ekonomi Islam Raih Beasiswa Wirausaha Mandiri

Sembilan mahasiswa program studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (FIAI UII), Yogyakarta berhasil meraih beasiswa wirausaha dari Bank Mandiri setelah melalui proses panjang. Beasiswa ini diraih setelah melalui seleksi ketat dari panitia penyelenggara yaitu berupa seleksi administratif yang dimanefestasikan dalam bentuk proposal rencana wirausaha (business plan) dan barulah setelah itu dilakukan seleksi wawancara. Kesempatan beasiswa ini tidak disia-siakan oleh segenap mahasiswa prodi Ekonomi Islam FIAI. Alhasil, 9 dari 20 proposal yang dinyatakan diterima merupakan proposal karya mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII.

Mereka yang lolos dalam beasiswa wirausaha ini adalah ; Ali Mahrus 2010 (Martabak Seribu), Faris 2010 (Rumah Susu), Yuniken Laily D. 2009 (Milky Corn), Ramli Boga 2010 (Dr. Snack), Romi Padli 2009 (Rumah Pempek), Fiki Ardianta 2011 (Kembar Teknika), Ichsaniar Bakti P. 2011 (Indo-Art), Windi Adi Wibowo 2007 (Rumah Campoes) dan Randhika Prawira P. 2011 (Angkringan Mank Jaink).

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan dana untuk pengembangan wirausaha yaitu uang sebesar 10 juta rupiah untuk masing-masing pemeneang. “Alhamdulillah, ini merupakan kabar gembira bagi program studi Ekonomi Islam UII, karena ini juga merupakan salah satu indikator keberhasilan prodi dalam melakukan pengemlengan terhadap mahasiswanya untuk berwirausaha yang merupakan salah satu kajian dalam Ekonomi Islam”. Begitu ungkap ketua prodi Ekonomi Islam FIAI UII H. Nurkholis, S.Ag, M.Sh, Ec saat ditemui di ruangannya pada (12/12/20). Tidak sampai disitu, “baru-baru ini juga ada lima mahasiswa Prodi Ekonomi Islam FIAI UII yang berhasil memenagi kompetisi dana hibah bersaing wirausaha mahasiswa dari PT Pengadaian”. Tambah Nurkholis.

Salah satu tim wirausaha dari mahasiswa Ekonomi Islam

Adapun bidang wirausaha yang dikembangkan dalam program beasiswa ini meliputi bidang Industri, Perdagangan & Jasa, Boga dan Kreatif. Sebagaimana yang diketahui sebelumnya, bahwa UII mendapat dana hibah sebesar Rp 200 juta dari Bank Mandiri. Dana tersebut digunakan untuk mengimplementasikan 20 rencana proposal bisnis yang disusun mahasiswa. Kedepan, prestasi mengembirakan ini akan diakomodir dan ditindaklanjuti oleh pihak prodi agar dapat diarahkan dalam bentuk kelompok sharing atau komunitas wirausaha mahasiswa ekonomi islam, sehingga dapat dijadikan wadah berbagi dan berkomunikasi dalam mengembangkan minat bisnis mahasiswa Ekonomi Islam FIAI.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *