PDPM Terima Bantuan Kurma

Seperti bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Ilmu Agama Islam UII melalui Pusat Dakwah dan Pengabdian Masyarakat (PDPM) pada Ramadhan tahun ini telah menerima bantuan kurma dari Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Indonesia bekerjasama dengan Departemen Agama Republik Indonesia sebanyak 1.130 karton diangkut oleh tiga truk Jum’at, 30 Juli 2011.  Drs. Zubaidah, M.Ag., Kepala PDPM, mengungkapkan pada tahun ini kurma datang lebih cepat bahkan sebelum Ramadhan tiba.

Lebih lanjut Syarif menjelaskan, kurma tersebut akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan selama bulan Ramadhan seperti masjid-masjid, panti asuhan, atau lembaga-lembaga dakwah lainnya di berbagai wilayah dan juga unit-unit di lingkungan UII. “Kurma ini harus habis secepat mungkin dan disunahkan untuk berbuka puasa bukan untuk kegiatan lainnya seperti tadarus.” tegas Syarif.

 

 

Proses pemindahan buah kurma dalam satuan karton dari truk-truk pengangkut ke gudang penyimpanan

Untuk menampung jumlah kurma tersebut, Kepala Bagian Perbekalan FIAI, Sutaryo, SE  menyiapkan ruangan khusus untuk memudahkan proses pendistribusian yang dibantu oleh beberapa karyawan lainnya. Ia menjelaskan pada hakikatnya kurma tersebut dibagikan secara gratis, akan tetapi mengingat proses pengiriman memakan biaya dan tidak termasuk dalam rancangan anggaran fakultas maka setiap permintaan kurma dikenai biaya transportasi. “Ini bukan jualan atau mencari untung, bahkan terkadang kami harus mengeluarkan biaya akomodasi tambahan.” tegas Sutaryo.

Antusias masyarakat begitu besar dengan meningkatnya jumlah permintaan. Kurma-kurma tersebut mulai didistribusikan sejak Selasa, 2 Agustus 2011 karena sesuai dengan amanat dari Kedutaan bahwa kurma-kurma tersebut harus habis dalam bulan Ramadhan ini.