IAIN Raden Fatah Palembang Kunjungi FIAI

Untuk mendalami Ilmu Falak, sebanyak 47 mahasiswa Jurusan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang bersama beberapa dosen pembimbing mengadakan studi banding ke FIAI, Kamis 23 Juli 2011. Mereka adalah mahasiswa yang tengah mengambil mata kuliah Ilmu Falak.

Dekan FIAI, Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum., dalam sambutannya, mengatakan generasi penerus dan pemegang estafet bangsa khususnya umat Islam harus terus belajar ilmu-ilmu Islam agar tidak seperti Cordova yang berhasil menguasai dunia selama 700 tahun tapi hancur karena kekurangan ilmu.

Sementara Drs. HM. Teguh Sobri, MHI, dosen pengajar Ilmu Falak IAIN sekaligus ketua rombongan, mengatakan tujuan ke FIAI untuk mengenal FIAI UII lebih dekat dan mendalami dan memperluas pengetahuan tentang Ilmu Falak dan mencari informasi berbagai jenis perkembangan studi falak di Jawa khususnya di FIAI seperti alat-alat dan metode rukyat digital. Menurut Sobri, jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) ilmu falak ditempat ia mengajar jumlahnya 6 SKS meliputi perhitungan penentuan awal bulan, awal waktu sholat dan kombinasi antara keduanya.

 

 

Rombongan mahasiswa dan dosen saat studi banding di FIAI UII

Dalam kesempatan itu, Drs. H. Sofwan Jannah, M.Ag selaku dosen Ilmu Falak FIAI mencoba untuk mengenalkan berbagai teknologi digital terbaru yang dapat dipakai untuk membantu pembelajaran ilmu falak seperti perangkat lunak Google Earth yang dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat, lokasi wilayah, waktu secara langsung.

Ilmu falak merupakan ilmu astronomi praktis (practical astronomy), yang mempelajari lintasan benda-benda langit, khususnya bumi, bulan, dan matahari, pada orbitnya masing-masing. dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar waktu-waktu di permukaan bumi dapat diketahui.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *