Workshop Revisi Course Outline dan SAP

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar workshop dalam rangka revisi course outline dan satuan acara perkuliahan (SAP). Kegiatan yang melibatkan dosen tetap FIAI ini berlangsung di laboratorium komputer, Kamis 7 Juli 2011 sejak pagi hingga sore. Workshop ini sebagaimana dijelaskan Ketua Panitia, Dr. Junanah, M.I.S., adalah dalam rangka menyesuaikan standar ISO 9001:2008 dan Kurikulum 2009.

 

Dekan FIAI, Dr. Dadan Muttaqien, turut hadir dan memberikan sambutan pembukaan pada acara ini. Dekan antara lain menegaskan pentingnya workshop ini bagi keberlanjutan budaya mutu di bidang akademik. “Selain itu, belum terselenggaranya workshop penyusunan silabi dan SAP juga menjadi temuan audit yang perlu kita tindaklanjuti”, demikian Dekan menambahkan. Bagi Dekan, workshop kali ini juga menjadi awal yang baik bagi fakultas yang dalam waktu dekat akan divisitasi Thuv Rheiland terkait pelaksanaan standar-standar ISO 9001:2008.

Sebelum kegiatan workshop berlangsung, para dosen mendapatkan soft copy file course outline atau biasa dikenal dengan nama silabi dan SAP untuk setiap matakuliah beserta panduan pengisian. Para dosen selanjutnya diminta mengisi beberapa perubahan yang dilakukan untuk kemudian didiskusikan bersama dalam workshop. Workshop kemudian diisi dengan materi singkat bertema ‘Mencari Format Baru Course Outline/Silabi dan SAP’ oleh Drs. Mudhoffar Affan, M.A., yang secara umum menjelaskan perubahan-perubahan dalam standar baru.

Para dosen yang hadir menunjukkan antusiasme dalam pemaparan materi ini, terbukti dari beberapa masukan dan pertanyaan terkait standar yang digunakan saat ini. Beberapa poin dalam course outline mendapat banyak perhatian seperti peta konsep, kompetensi dan indikator pencapaian, dan sistem penilaian. Terkait kompetensi dan indikator pencapaian misalnya, pemateri menekankan perlunya indikator yang jelas dan terukur dari matakuliah. Indikator ini bahkan diarahkan agar sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan pilihan kata kerja menurut Taksonomi Bloom.

Selesai materi, para dosen langsung mempraktekkan penyusunan course outline dan SAP dipandu Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Dr. Muhammad Idrus, didampingi Drs. Mudhoffar Affan, M.A. dan Hujair A.H. Sanaky, M.Pd. para dosen yang telah selesai menyusun revisi kemudian mendapat evaluasi dan masukan mengenai beberapa bagian dalam course outline maupun SAP yang telah disusun. Kegiatan kemudian berlangsung hingga sore hari dan ditutup oleh Wakil Dekan, Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd. Wakil Dekan berharap kegiatan ini akan memantapkan mutu akademik FIAI sesuai standar yang kini digunakan.