Pembekalan Metode Penulisan Skripsi

Untuk mengevaluasi dan mengarahkan mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) dalam menyelesaikan tugas akhir Prodi Ekonomi Islam mengadakan pembekalan dan pengarahan penulisan skripsi bagi mahasiswa akhir yang sedang mengambil skripsi pada semester ini, Rabu (16/2) di Ruang Sidang FIAI. Pembekalan ini dimaksudkan sebagai sarana sosialasi buku panduan metodologi penulisan skripsi yang diperbaharui pada semester genap  tahun ajaran 2010/2011.

 

Ketua Prodi EKIS Nur Kholis, S.Ag., M.Sh.Ec menjelaskan bahwa perubahan dalam metodologi penulisan skripsi tidaklah terlalu besar, perubahan dilakukan untuk penyempurnaan metode penulisan skripsi yang masih terdapat kekurangan di tahun-tahun lalu seperti beberapa kekurangan dalam penulisannya ataupun komponen skripsi yang seharusnya dicantumkan ketika sidang skripsi. “Kesalahan yang biasanya terjadi seperti tidak adanya abstraksi, transliterasi, dan komponen lain yang seharusnya dikumpulkan bersamaan ketika sidang skripsi” ujar Nurkholis.

Program ini sekaligus digunakan sebagai ajang sharing  bagi mahasiswa untuk menanyakan hal-hal terkait permasalahan penulisan skripsi dan prasyarat tugas akhir untuk kelulusan di S1. Beberapa persoalan utama yang  diutarakan mahasiswa adalah susahnya dalam menentukan tema atau judul skripsi, masih belum dimengertinya pedoman baku terkait penulisan metode penelitian, dan terkait teknis penelitian lapangan selama ini.

Menurut Nurkholis, dalam mengerjakan skripsi yang harus ditemukan terlebih  dahulu adalah permasalahan yang akan diteliti untuk kemudian dapat ditentukan tujuan, batasan dan model serta instrumen penelitiannya. Selain itu, Nurkholis juga memberikan tips agar skripsi dapat  selesai dengan cepat dan baik. Pertama, baca dengan cermat buku panduan, karena dengan membaca buku panduan penulisan skripsi mahasiswa bisa mendapatkan gambaran utuh dari alur pembuatan skripsi dari proses key-in sampai sidang skripsi serta merencanakan penulisan skripsinya. Ke-dua, sering konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi.

Ke-tiga,  mengalokasi waktu minimal 1 (satu) jam untuk penulisan skripsi setiap harinya dengan harapan mahasiswa dapat menyelesaikan skripsinya tidak lebih dari 2 (dua) bulan. Ke-empat adalah rajin ke perpustakaan atau sumber literatur, semakin banyak literatur yang didapatkan, semakin baik pula pisau analisa dalam penelitian. Dan ke-lima adalah rajin berdo’a dan beribadah, karena segala sesuatu akhirnya berjalan sesuai dengan ridho Allah Swt.

Sementara Prodi Pendidikan Agama Islam juga tidak ketinggalan untuk mengadakan kegiatan yang sama bagi mahasiswanya bersama Kaprodi Dr. Drs. M. Idrus, S.Psi, M.Pd dan Sekjur Dr. Dra. Junanah, MIS pada hari Selasa (22/2). Dengan adanya pembekalan ini diharapkan mahasiswa yang key-in skripsi pada semester ini paling tidak dapat menyelesaikan skripsinya pada semester ini pula.