Al Faraby Adakan Jambore Anak Muslim

Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Al Faraby Fakultas Ilmu Agama Islam menyelenggarakan Jambore Anak Muslim (JAM) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (20/2) di Hall FIAI. Amir Hamzah, anggota JAF dan mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam, selaku ketua panitia menuturkan acara ini diadakan sebagai salah satu bentuk kecintaan kami khususnya mahasiswa FIAI terhadap Nabi Muhammad SAW.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan dengan tema Mengoptimalisasikan Peran Anak dalam Membentuk Generasi Masa Depan yang Unggul, LDF Al Faraby ingin mencoba ikut berperan dalam mengembangakan potensi yang ada di dalam anak-anak saat ini, karena dengan acara seperti ini akan membentuk dan sekaligus mengasah kemampuan mereka.

Sementara Wakil Dekan FIAI, Nanang Nuryanta, M.Pd dalam sambutannya merasa sangat bangga dengan adanya acara Jambore Anak Muslim (JAM) ini, karena secara tidak langsung acara ini memberikan hal yang positif bagi generasi anak-anak di masa yang akan datang.

Dalam jambore ini diikuti oleh 17 kontingen dari Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Sekolah Dasar (SD) yang terdiri dari 112 peserta yang meliputi empat cabang perlombaan yaitu lomba mewarnai untuk usia maksimal 7 tahun,  puitisasi al-Quran, Dai Cilik, dan Tartil al-Quran untuk batas usia 12 tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran bagi setiap peserta.

Anita Nurhasanah, salah seorang peserta kategori dai cilik, dalam usianya masih kelas 1 SD tampil memukau saat diberikan kesempatan untuk tampil mengisi waktu sebelum dibacakan nominasi juara. Melalui gaya dan metode ceramahnya, ia membuat semua penonton dan peserta tampak antusias mendengarkan dan tidak bosan.
Keluar sebagai juara umum adalah TPA al Huda Yogyakarta dan berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan dari panitia. Sementara semua peserta juga mendapatkan sertifikat sebagai bentuk penghargaan keikutsertaan mereka dalam ajang ini.