Rahmat Hidayat Wakili Indonesia Dalam ILFriP Bangkok

Rahmat Hidayat mahasiswa Jurusan Dual Studies Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) dan D3 Bahasa Inggris FPSB Universitas Islam Indonesia (UII), terpilih untuk mewakili  Indonesia dalam Inter-Cultural and Learning Program (ILFriP) 2011 yang diadakan oleh Asean Youth Frienship Network sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pemuda dan budaya diantara negara-negara ASEAN pada tanggal 2-13 februari 2011 di Negeri Gajah Putih Bangkok Thailand.

 

Mahasiswa yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam ini didelegasi dengan misi mempelajari sistem pendidikan dan kebudayaan Thailand dengan harapan mampu mewujudkan Indonesia sebagai Tujuan wisata Dunia. Ragam kegiatan selama di Bangkok adalah presentasi tentang sistem pendidikan Universitas dan kebudayaan Indonesia di Bangkok University, diskusi tentang sistem pendidikan dan kebudayaan dengan mahasiswa negara-negara ASEAN, hadiri seminar International bertema “International Tourism”, belajar bahasa dan kebudayaan Thailand, dan melakukan beberapa Visitasi ke tujuan wisata Thailand.

 

Bahkan ia dan peserta lainnya juga mempertontonkan kebudayaan Indonesia seperti Tari Saman Aceh, Tari Mataraman Yogyakarta, dan satu tarian khas Jawa Tengah yang disaksikan oleh Mahasiswa Bangkok University, para pejabat Bangkok University serta perwakilan Indonesia di Thailand.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara Mahasiswa Indonesia dan Mahasiswa Negara-negara ASEAN. Untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam program ini, Rahmat telah melewati beberapa seleksi antara lain, seleksi Administrasi, English Essai dan wawancara. Selain Rahmat, dalam program ini juga diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Yogygakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Pandjajaran Bandung.