UII Juara 2 Olimpiade Nahwu Sharaf Nasional

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) di tingkat nasional. Kali ini Tim yang beranggotakan Syaifullah Yusuf, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), M. Miqdam Musawwa dan Imam Sahroni, mahasiswa prodi ilmu Kimia FMIPA berhasil meraih juara 2 dalam Olimpiade  Nahwu-Sharaf di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung pada tanggal 8-10 Februari 2011. Olimpiade tersebut merupakan rangkaian acara Pagelaran Seni, Bahasa dan Budaya Arab (PERSADA).

 

Mereka berhasil masuk babak final setelah melewati babak penyisihan dengan menjawab sebanyak 50 soal-soal nahwu sharaf yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal lisan dan 10 soal essai dalam waktu 45 menit. Menurut Miqdam, babak penyisihan ini tak jauh beda dengan mengerjakan soal toefl bahasa Inggris. Hanya saja ini lebih padat, karena memuat soal essai juga sehingga butuh kecepatan dan ketelitian juga dalam mengerjakannya. “Untuk memaksimalkan waktu, masing-masing kami mendapat jatah untuk mengerjakan agar setelah selesai kami bisa saling koreksi” terang Miqdam.

Sementara pada putaran final format lomba seperti cerdas cermat, tim UII berhadapan dengan tim dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UNNES Semarang dan UNISBA Bandung. UIN Sunan Kalijaga akhirnya merebut juara satu, disusul UII diperingkat dua dan UNNES di posisi tiga. Meskipun hanya mampu menduduki tangga kedua, tim UII patut diapresiasi, karena mampu bersaing dengan peserta lain yang berasal dari jurusan bahasa Arab. Saat ditanya tentang persiapan, mereka menjawab keberhasilan ini tak lepas dari ilmu yang didapat dari Pondok Pesantren UII. Saat ini, selain belajar di fakultas masing-masing, mereka juga menuntut ilmu Pondok di Pesantren Universitas Islam Indonesia.

Pada upacara penutupan, ketua panitia menyatakan bahwa tujuan diadakan acara PERSADA tersebut semata-mata bukan untuk menentukan pemenang. Namun lebih dari itu, acara PERSADA bertujuan untuk memupuk tali silaturahim antara mahasiswa yang berkecimpung di dunia bahasa dan sastra Arab di Universitas seluruh Indonesia.