Penarikan Mahasiswa PPL

Selama dua bulan penuh, tepatnya mulai 29 Oktober 2009 hingga 29 Desember 2009, sepuluh mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FIAI telah diterjunkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pakem, Sleman, untuk melaksanakan tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Maka sesuai dengan waktu yang telah ditentukan tepatnya (29/12) mereka ditarik oleh Pusat Peneletian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) FIAI.

 

Penarikan mahasiswa kali ini dipimpin langsung oleh Ketua P31, Dr. H. Imam Effendi, MA., didampingi Dekan FIAI, Drs. H. M. Fajar Hidayanto, M.M., dan Kaprodi PAI, Dr. Ahmad Darmadji, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan FIAI mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak MAN Pakem dan menyampaikan permohonan maaf apabila banyak kekurangan selama PPL berlangsung. Hal itu menurutnya terjadi karena perbedaan masing-masing karakter mahasiswa yang masih berproses dalam dunia pendidikan.

 

Perwakilan Mahasiswa PPL Memberikan Cinderamata kepada Drs. Suharto Kepala Sekolah MAN Pakem Usai Penarikan

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN Pakem, Drs. Suharto, mengaku senang dan bangga dengan kehadiran mahasiswa PPL dari FIAI UII. “Mahasiswa UII jelas memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Apalagi semangat mahasiswa PPL FIAI ini bagus dan mampu memberikan motivasi bagi anak didiknya,” Kepala Sekolah MAN Pakem menjelaskan. Lebih lanjut Kepala Sekolah MAN Pakem menyampaikan bahwa proses PPL mahasiswa Prodi PAI FIAI kali ini berjalan dengan baik sehingga semua dinyatakan lulus dan diharapkan nantinya bisa menjadi agen-agen informasi pendidikan yang selalu belajar.

Salah seorang mahasiswa PPL, Yassir, yang mewakili rekan-rekannya mengungkapkan kebahagiaannya sekaligus kagum dan kaget terhadap jalannya PPL. Menurutnya PPL merupakan aplikasi dari beberapa teori yang didapatkan di kelas dan tidak disangka tugas seorang guru ternyata berat, harus sabar dan memahami keadaan siswanya. Maka dari itu, lanjut Yassir, peserta PPL bersyukur telah dilatih melihat dunia mengajar secara nyata walaupun pada prinsipnya masih belajar. Selain kelompok mahasiswa yang melaksanakan tugas PPL di MAN Pakem, terdapat juga kelompok yang melaksanakan PPL di MTs Pakem dan akan ditarik tanggal 20 Januari 2010 ini.