Tarbiyah UIN Jakarta Pelajari Sistem Manajemen Mutu PAI FIAI

Untuk mempelajari  implementasi Sistem Manajemen Mutu, Senin (21/12) Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengunjungi ke Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) khususnya Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dekan FIAI, Drs. M. Fajar Hidayanto, M.M., menyambut secara langsung kunjungan ini beserta beberapa staf akademik, staf administrasi dan juga pustakawan FIAI.

 

Kunjungan ini diikuti oleh sejumlah pemegang amanah di fakultas tersebut, diantaranya Abd. Rozak, M.Si. (Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum), Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd. (Kepala Bagian Tata Usaha), Drs. Rasi’in (Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan), M. Noor S.Pd., MM. (Kasubag Kepegawaian dan Keuangan), Sundus Nuzulla, M.Si. ( Kasubag Administrasi Umum), Sa’diyah, S.Pd. ( Staff Subbag Akademik), Rina Witdiati, SAP. ( Staff Subbag Keuangan) dan Samsuri (Staff Subbag Administrasi Umum). Ketua rombonga, Abd. Rozak, menyatakan melalui studi banding ini diharapkan akan memperoleh informasi dan gambaran umum tentang layanan administrasi ketatausahaan (Kepegawaian, Kepegawaian, Akademik dan Administrasi Umum).

 

Sharing bersama tentang implementasi sistem Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bersama Prodi PAI FIAI dan Administrasi FIAI UII

Saat ini, menurut Abd. Rozak, UIN Syarif Hidayatullah meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dari Sucofindo International Certification Services. Namun demikian, Abd. Rozak menegaskan bahwa universitasnya masih memiliki berbagai kendala dalam implementasi penjaminan mutu terutama berkaitan dengan beberapa hal seperti manajemen dan pengendalian kinerja. Diakuinya kinerja dosen dan beberapa bagian administrasi lainnya belum maksimal karena kurangnya sistem pengawasan dan belum berjalannya audit mutu internal dengan baik.

Dalam sambutannya, Dekan FIAI menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah dengan mengunjungi FIAI UII. “Walaupun komunikasi rencana studi banding ini cukup singkat dan cepat, namun kami bersyukur dan terimakasih atas kunjungannya,” ujar Dekan. Dekan juga menambahkan bahwa dilihat dari sisi sejarah pendidikan tinggi di Indonesia, FIAI UII dan UIN merupakan saudara tua karena sama-sama merupakan perguruan tinggi agama Islam yang sudah ada sejak dahulu.

Menanggapi beberapa masalah yang disampaikan pihak UIN Syarif Hidayatullah, Dra. Sri Haningsih, M.Ag. (Dosen FIAI UII) menjelaskan beberap poin yang perlu dilakukan dengan implementasi sistem manajemen mutu, seperti Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan setiap akhir semester. Senada dengan hal tersebut, Wakil Dekan FIAI, Drs. AF Djunaidi, M.Ag., juga menjelaskan perlunya kerjasama dengan beberapa pihak apalagi dengan mahasiswa yang merupakan konsumen utama. “Kami selalu mengajak mahasiswa untuk menilai kinerja dosen dalam bentuk angket berisi hal-hal berkaitan dengan kinerja dosen, karena dengan itu kami dapat melakukan kontrol dalam kegiatan belajar mengajar. Se lain itu prodi juga merupakan instrumental terpenting di dalamnya,” Wakil Dekan menjelalskan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *