Gerhana Bulan Dengan Durasi Terlama Abad Ini, FIAI UII Himbau Masyarakat Sholat Gerhana Bulan

 

Gerhana Bulan Dengan Durasi Terlama Abad Ini, FIAI UII Himbau Masyarakat Sholat Gerhana Bulan

Gerhana Bulan Dengan Durasi Terlama Abad Ini, FIAI UII Himbau Masyarakat Sholat Gerhana Bulan

Sebagai bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII Yogyakarta mengadakan press conference Gerhana Bulan Total (GBT) pada Selasa, 24 Juli 2018.

Dalam press conference yang berlangsung di ruang sidang FIAI disampaikan bahwa Gerhana Bulan Total akan terjadi pada Sabtu, 28 Juli 2018. Dimulai 00:14 Waktu Indonesia Barat (WIB) sampai dengan 06:29 WIB. Peristiwa ini merupakan gerhana bulan terlama pada abad ke-21 Masehi.

Gerhana bulan 28 Juli mendatang disebut juga sebagai Micro Blood Moon Eclipse. Karena bulan akan terlihat berwarna kemerahan dan mencapai jarak terjauh dari Bumi (titik apogee) sehingga ukurannya tampak lebih kecil. Gerhana Bulan Total ini juga bertepatan dengan peristiwa konjungsi planet Mars dengannya.

Drs. H. Sofwan Jannah, M.Ag. menyampaikan, “Adanya Mini Moon, Blood Moon, Oposisi Mars, dan Hujan Meteor Delta Akuarid yang bertepatan dengan peristiwa Gerhana Bulan Total ini patutnya kita syukuri. Karena bagi kaum muslimin diberi kesempatan oleh Allah subhannahu wataala untuk memanen pahala dengan melaksanakan sholat gerhana dan menjadi momentum untuk mengingat kebesaran Allah. ”

Dikutip dari Pusat Kajian dan Bantuan Hukum Islam, Gerhana Bulan Total akan dimulai 00:14 WIB saat bulan memasuki penumbra bumi. Kemudian, akan terjadi Gerhana Parsial (sebagian) pada 01:24 WIB dan Gerhana Bulan Total pada 02.30 WIB sampai dengan 04.31 WIB. Lalu, akan terjadi Gerhana Parsial kembali sampai 05:19 WIB. Gerhana akan berakhir pada 06:29 WIB.

Diharapkan seluruh civitas akademika UII dan masyarakat di sekitar kampus terpadu UII dapat menghadiri prosesi terjadinya Gerhana Bulan Total dan melaksanakan sholat gerhana di Masjid Ulil Albab.

Related Post

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *