Hari Ozon Internasional: Menanamkan Karakter Cinta Lingkungan

Hari Ozon Internasional

Siswa siswi MTsN 09 Sleman saat kerja bakti membersihkan jalan umum di lingkungan masyarakat sekitar sekolah (PPL PAI UII/Isfario)

 

MTs Negeri 09 Sleman, memperingati Hari Ozon Internasional. Peringatan pada Sabtu, (16/09/17) tersebut menyelenggarakan serangkaian kegiatan yaitu upacara peringatan Hari Ozon Internasional, pelepasan ikan di sungai, bersih-bersih lingkungan sekolah (meliputi: menanam bibit sayuran, dan merawat bunga-bunga), dilanjutkan kerja bakti membersihkan lingkungan Masyarakat disekitar sekolah (meliputi: jalan umum menuju sekolah).

Baca juga: PAI Sukses Melaksanakan PPL Internasional

Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa, masyarakat, komite dan dewan guru yang dibantu oleh Mahasiswa dari Pendidikan Agama Islam UII yang sedang melaksanakan praktik mengajar di MTs Negeri 09 Sleman tersebut.

Sementara kegiatan lain yang diikuti masing-masing kelas dalam rangka menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan, salah satunya dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti lomba pidato, poster bertema “Global Warming“, dan kreasi barang bekas seperti batok kelapa yang kemudian dimanfaatkan oleh siswa sebagai pot bunga untuk menanam bibit-bibit bunga dan sayuran.

Selain itu, tradisi peringatan Hari Ozon Internasional yang dilaksanakan setiap tahun oleh MTs Negeri 09 Sleman sebagai sekolah yang peduli, dan berwawasan lingkungan dalam rangka mewujudkan sekolah Adiwiyata atau berbudaya lingkungan.

Baca juga: Allah Memberi yang Paling Cocok

Hari Ozon Internasional

Seorang siswi sedang membuat poster saat perlombaan poster peringatan Hari Ozon Internasional bertema “Global Warming” (Mahasiswa PPL PAI UII/Himatul Fadilah)

Untuk itu, Supangat S.Pd, M.Pd.I selaku kepala sekolah MTs Negeri 09 Sleman disela-sela sambutan dalam upacara peringatan Hari Ozon, mengatakan tradisi ini harus terus dilaksanakan untuk mendidik dan mencontohkan prilaku peduli terhadap lingkungan. Harapannya kegiatannya ini dapat menanamkan karakter cinta lingkungan kepada seluruh siswa. (WJY)