Kembali, UII Rebut Juara Umum FTT UI 2017

Delegasi Universitas Islam Indonesia (UII) kembali melukiskan sejarah emas dalam ajang lomba Bahasa Arab tingkat nasional. Untuk kedua kalinya, UII merebut Juara Umum Festival Timur Tengah (FTT) Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Festival ke-8 dengan tagline Ragam Ukiran Pena Negeri Kurma (Anwaa’ Nuquusy al-Aqlaam min Bilaad at-Tumuur) tersebut digelar pada Selasa-Jumat, 28 Rajab-01 Sya’ban 1438 H/25-28 April 2017.

Samsul_6_Juara Umum FTT (1)Secara khusus, festival dimaksud diorganisir oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Dalam konteks even lomba Bahasa Arab, FTT termasuk menjadi tolok ukurnya. Dengan total peserta yang relatif lebih banyak dibandingkan even nasional yang diadakan universitas lain. Dengan demikian, adalah sebuah prestasi istimewa ketika UII dapat meraih Juara Umum FTT. Sebelumnya, di tahun 2015 UII juga dinobatkan sebagai Juara Umum.

Dalam FTT 2017 ini, UII kembali mencatatkan diri sebagai Juara 1 Arabic Debate. Dengan personil, Saiful Aziz (IP al-Ahwal al-Syakhshiyyah, 2014), Hamdan Arief Hanif (IP al-Ahwal al-Syakhsiyyah, 2014), dan Lutfi Aulia Rahman (Manajemen, 2014). Selanjutnya, Qonita Luthfiyah (al-Ahwal al-Syakhshiyyah, 2016) meraih Juara 1 Arabic Broadcasting. Tidak kalah istimewa, Saiful Aziz juga merebut Juara 3 Essay Competition.

Alhamdulillah untuk kesekian kalinya el-Markazi mengharumkan nama UII di kancah nasional dengan membawa pulang gelar Juara Umum setelah bersaing dengan puluhan instansi dari berbagai wilayah Indonesia,” tutur Saiful Aziz, selaku President of el-Markazi UII. “Tentu capaian ini merupakan yang luar biasa mengingat mayoritas kompetitornya berasal dari prodi Pendidikan Bahasa/Sastra Arab,” imbuh santri Pondok Pesantren (Ponpes) UII tersebut.Samsul_6_Juara Umum FTT (2)

Saiful Aziz mengakui bahwa meskipun total kontingen UII hanya 6 orang namun tetap mampu menunjukkan prestasi gemilang. “Walau demikian, alhamdulillah dengan strategi yang tepat, semuanya dapat berjalan lancar. Hingga kontingen UII dinobatkan sebagai Juara Umum setelah bersaing dengan puluhan instansi di Indonesia,” kenang alumnus Ponpes Modern Daar el-Qolam, Banten tersebut.

Menanggapi raihan tersebut, Beni Suranto, ST., M.Soft.Eng., selaku Direktur Direktorat Pembinaan Bakat/Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII mengaku bahagia. “Alhamdulillah. Delegasi mahasiswa UII mampu mempertahankan tradisi sebagai Juara Umum di ajang Festival Timur Tengah di Universitas Indonesia (Jakarta) 2017,” tutur dosen muda yang juga sering terjun langsung mengawal kontingen UII berlomba tersebut. (Samsul/SA/elMa)