Tingkatkan Spiritualitas, FIAI Selenggarakan Muqoddaman di Gedung Baru.

Sleman, FIAI UII – Universitas Islam Indonesia (UIII) Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Milad ke-80. Salah satunya, dengan penyelenggaraan Muqoddaman di tingkat fakultas. Salah satu yang menyelenggarakan adalah Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI). Muqoddaman sendiri adalah prosesi pembacaan Alquran secara bersama-sama dalam satu waktu dari mulai juz 1 sampai juz 30. 

Menggunakan gedung baru, FIAI UII menyelenggarakan muqoddaman dihadiri dosen, tenaga kependidikan dan utusan lembaga mahasiswa di Gedung KHA Wahid Hasyim lantai V Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang, Sleman, Jumat 17 Maret 2023. Gedung yang baru diresmikan oleh Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, pada akhir tahun 2022.

Dr. Drs. Asmuni, MA, Dekan FIAI UII, menyambut baik terlaksananya muqoddaman yang baru pertama kali diselenggarakan di UII.

”Mempelajari Al Quran itu tidak semata lisan tapi dengan qolbu, sehingga perlunya juga memahami arti. Dengan diadakannya muqoddaman, apalagi dengan Al Quran yang dilengkap terjemahan, pastilah ketika membaca 1 juz, akan ada 1-2 ayat yang mampu dihayati dan mempengaruhi perilaku spiritualitas SDM,” kata Asmuni. Dalam pelaksanaannya, peserta muqoddaman dapat menggunakan mushaf Al Quran versi cetak ataupun versi digital, misal versi aplikasi Android.

Muqoddaman juga dihadiri Wakil Dekan Bidang SDM, Dr. Nur Kholis, SEI., M.Sh.Ec, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhammad Roy Purwanto, S.Ag., M.Ag, serta ketua jurusan dan ketua program studi di lingkungan FIAI UII.

”Dengan semangat Gedung Baru FIAI UII, juga perlu membangun kebiasaan baru, dengan tradisi dalam memahami Al Quran. Marilah kita biasakan bermuamalah dengan Al Quran, membiasakan diri dengan kajian dan yang baik-baik terus diadakan,” kata Muhammad Roy, yang memang membidangi keagamaan di lingkungan FIAI UII. (IPK)