,

Kerjasama dengan Muamalat Institute, PSEI Adakan Career Development Training

Kompetensi mahasiswa merupakan ukuran paling objektif untuk menilai keberhasilan program studi dalam melaksanakan tugasnya. Sebab mahasiswa sebagai subjek utama keberhasilan proses pendidikan di suatu perguruan tinggi pada umumnya. Ketidaktahuan tentang dunia kerja menyebabkan mahasiswa tidak siap menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus.

Berangkat dari hal itu, Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) merasa perlu menggali potensi-potensi mahasiswa sebelum mereka masuk dalam dunia kerja. Baik melalui kegiatan simulasi maupun pemberian kiat-kiat agar mereka mampu berkompetisi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain.

9 (2)Pelatihan ini merupakan program berkesinambungan dari PSEI yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan softskills mahasiswa. Selain itu untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan umum mengenai proses rekrutmen di bank syari’ah. Untuk mencapai tujuan tersebut, PSEI bekerjasama dengan Muamalat Institute dalam sebuah In-House Training bertajuk Career Development Training.

Muamalat Institute merupakan lembaga edukasi ekonomi dan keuangan syariah yang menyediakan layanan Research, Training, Consulting, Recruitment dan Publication di bidang perbankan dan keuangan syariah. Lembaga ini telah memiliki pengalaman selama 20 tahun dalam menangani program-program pelatihan.

Tidak hanya pelatihan, PSEI juga menjalin kerjasama dalam bentuk Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Muamalat Institute. “Selain ilmu di bangku kuliah, mahasiswa juga membutuhkan bekal softskill untuk menghadapi dunia kerja, sehingga kerjasama seperti ini sangat baik, dan kami harapkan kegiatan seperti Job Hunting ini dapat terus dilaksanakan,” ujar Dekan FIAI UII, Dr. Tamyiz Mukharrom, MA dalam sambutannya.

One-Day Training yang diadakan di Ruang Sidang FIAI, Sabtu, 21 Sya’ban 1437 H/28 Mei 2016 ini membahas beberapa materi pokok. Meliputi, overview perbankan Syariah, tips sukses rekrutmen, serta praktek langsung interview. Hadir sebagai narasumber Yudi Susworo, trainer dari Muamalat Institute.

9 (3)Acara yang berlangsung selama delapan jam ini diikuti secara aktif oleh mahasiswa semester 6 PSEI. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan Job Hunting ini, selain untuk membuka wawasan bisa memberi bekal kepada mahasiswa ketika nantinya terjun di dunia karir. Sebab akhir-akhir ini banyak pelamar yang tidak diterima kerja karena tidak adanya pembekalan terlebih dahulu. Jadi cuma modal yakin saja,” ujar Widiaturrahmi, salah satu peserta Job Hunting.

“Dengan diadakannya Career Develpoment Training mahasiswa PSEI dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana dunia kerja, dimana dunia kerja sangat berbeda dengan dunia perkuliahan. Bersama Muamalat Institute mengingatkan bahwa niat bekerja bukan dengan mendapatkan benefit yang besar tetapi dengan niat mensyi’arkan agama Allah,” ujar Khilfatul Khamidah. Acara ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolik, pembagian doorprize, dan perfotoan bersama. (Samsul Zakaria/DMP)