,

UII Juara 3 Debat Arab Ihtifal IPT USIM 2016

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi internasional. UII dinobatkan sebagai Juara 3 Debat Bahasa Arab Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) ASEAN 2016 di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Negeri Sembilan, Malaysia. Tim UII terdiri dari Saiful Aziz (Hukum Islam, 2014), Tiyas Kurnia Sari (IP Akuntansi, 2014 dan Pendidikan Bahasa Inggris, 2015), dan Wafa’ (Psikologi, 2014).
Ihtifal IPT yang merupakan acara tahunan tersebut berlangsung selama 5 hari, Kamis-Senin, 06-10 Rajab 1437 H/14-18 Mei 2016. Dalam kompetisi tersebut UII juga berpartisipasi dalam cabang lomba Tilawah. Delegasi UII diwakili oleh Nurin Retno Sawitri (Teknik Lingkungan, 2012).
2Sementara itu Tim Debat Arab UII adalah satu-satunya tim dari Indonesia yang berhasil masuk semifinal. Di semifinal UII yang berhadapan USIM A mendebatkan tentang ‘As-samaah lil wilaayaat al-muttahidah al-amriikiyyah bi binaai qawaa’ida ‘askariyyah fii iqliimi aasiyaan afdhal’ (kebolehan Amerika untuk membangun benteng militer di ASEAN adalah penting). UII harus mengakui keunggulan USIM A. Akhirnya, UII ditetapkan sebagai juara 3 bersama International Islamic University Malaysia (IIUM) B. Juara 1 diraih oleh USIM A dan Juara 2 adalah IIUM B.
“Saya selaku Direktur DPBKM UII sangat mengapresiasi capaian prestasi delegasi UII sebagai juara 3 di kompetisi Debat Bahasa Arab tingkat ASEAN di USIM 2016,” tutur Beni Suranto, ST., M.Soft.Eng, selaku Direktur Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII.
“Untuk cabang tilawah tahun ini belum bisa meraih prestasi karena memang baru pertama mengikuti. Pengiriman delegasi kompetisi mahasiswa di level internasional akan terus didorong dan diupayakan oleh UII. Hal ini untuk mendukung peningkatan prestasi mahasiswa sebagai keunggulan UII,” lanjutnya.
Cabang lain yang dilombakan di IPT adalah nasyid. Kali ini UII belum mengirimkan delegasi untuk cabang tersebut. “Insya Allah tahun depan jika Tim Nasyid UII siap (akan dikirim),” tutupnya. Semoga prestasi internasional mahasiswa UII terus meningkat kedepannya. (Samsul Zakaria)