,

UII Kembali Juarai Lomba Debat Arab Nasional

Prestasi Tim Debat Arab Universitas Islam Indonesia (UII) di kancah nasional tidak diragukan lagi. Setelah sebelumnya dinobatkan sebagai juara 1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, kali ini tim kembali meraih juara 2 di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Tim memenangi lomba dalam even Semarak Apresiasi Khazanah Arab (SAHARA) 2016 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Bandung.

Tim Debat Arab UII terdiri dari Saiful Aziz (Hukum Islam, 2014), Tiyas Kurnia Sari (IP Akuntansi, 2014), dan Hamdan Arief Hanif (Hukum Islam, 2014). Selain debat, kontingen UII juga mengikuti lomba Essay dan Presentasi Bahasa Arab. Dalam lomba ini, Saiful Aziz kembali berhasil meraih juara 3. Tidak kalah hebat, Mustofa Abdul Karim (Manajemen, 2014) meraih juara 2 untuk lomba Pidato Bahasa Arab.

1 (1) - Copy - CopyDengan raihan tersebut, UII memenangi seluruh perlombaan untuk tingkat mahasiswa. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Dari sisi materi, kontingen UII mendapatkan full supporting dari UII melalui (cq.) Direktorat Pembinaan Bakat, Minat, dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM).

Saiful Aziz merasa bersyukur dengan raihan kontingen UII. “Alhamdulillah, walaupun hanya berempat, ternyata empat-empatnya mampu kembali pulang dengan membawa piala,” tuturnya setelah mengikuti even yang berlangsung selama 5 hari, Minggu-Kamis, 05-09 Jumadil Ula 1437 H/14-18 Februari 2016. “Semoga bisa terus mengasah potensi hingga melompat ke posisi juara 1 se-Indonesia,” harapnya.

Sebagai informasi, di sesi final tim debat UII melawan Universitas Negeri Malang (UM). Kedua tim mendebatkan tentang Ketidakharusan Pemimpin Ormas di Indonesia adalah Muslim (Laisa minal laazim an yakuuna ar-raiisu lil hai-aatil ijtima’iyyah fii Induniisiyyaa musliman). UII sebagai tim pro (afirmatif) dan UM sebagai tim kontra (negatif). Setelah melalui proses dinamika panjang dalam perdebatan, untuk sementara Tim Debat Arab UII harus mengakui keunggulan UM.

Khusus untuk debat Arab, dalam waktu dekat (14-18 April 2016) direncanakan mengikuti Lomba Debat Arab tingkat ASEAN di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) untuk yang kedua kalinya. Untuk jangka panjang, tim juga terus menyiapkan diri untuk berlaga di Debat Arab Internasional di Qatar yang akan digelar tahun 2017 mendatang. Mohon doa restu untuk tim debat UII semoga terus berjaya. (Samsul Zakaria/SA)