Sofwan Jannah Raih Hibah Pengajaran BPA UII

Dosen Tetap Prodi Hukum Islam Fakultas Ilmu Agama Islam UII, Drs. Sofwan Jannah, M.Ag., berhasil meraih hibah pengajaran Program Teaching Innovation Grant Peningkatan Kualitas Belajar-Mengajar Melalui sistem pembelajaran berbasis IT Dengan Muatan Local Genius yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia (BPA UII) tahun 2014.

Menurut Sofwan, proposal berjudul Pemanfaatan Software Astronomi dan Geografi sebagai Visualisasi Hasil Hisab Awal Bulan Hijriyah bagi Mahasiswa pada Matakuliah Ilmu Falak II bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan semangat mahasiswa agar aktif setelah mengikuti kuliah Ilmu Falak II berbasis software Astronomi dan Geografi. ”Kemampuan dan keterampilan mahasiswa perlu ditingkatkan agar mereka mampu menyelesaikan setiap kasus krusial dalam penetapan awal bulan Hijriyah dengan bantuan software Starry Night dan Google Earth”, kata pakar ilmu falak ini.

Sofwan Jannah Raih Hibah Pengajaran BPA UII

Lebih lanjut ia mengungkapkan metode pembelajaran tersebut akan membantu para mahasiswa dalam menentukan dan membuktikan secara visual hasil setiap perhitungan hisab awal bulan Hijriyah, bahkan untuk mengetahui posisi matahari setiap awal waktu salat.

Matakuliah Ilmu Falak II, kata Sofwan merupakan ilmu terapan dari salah satu bagian Astronomi, dengan menfokuskan pada objek ilmu Falak berupa garis edar (orbit) benda-benda langit, terutama orbit matahari, bumi, dan bulan. ”Perintah ibadah umat Islam ada yang menghubungkan dengan waktu yang berkaitan dengan peredaran matahari semu seperti pelaksanaan ibadah solat, puasa, idul Fitri, idul adha dan ibadah haji, atau kedua-duanya yaitu pada saat melakukan ibadah salat Gerhana ”, katanya.

Saat ini Ilmu Falak merupakan salah satu materi ujian penerimaan calon Hakim Agama karena hakim dituntut untuk mampu melakukan rukyatul hilal minimal setiap akhir bulan Sya’ban, Ramadan dan Dzulqa’dah.