PAI Bekali Mahasiswa Metode Penulisan Skripsi

Untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa (skripsi), Prodi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) FIAI memberikan pembekalan metode penulisan skripsi bagi mahasiswa semester akhir dan telah menyelesaikan Prakrik Pengalaman Lapangan (PPL) II di sekolah-sekolah kerjasama FIAI pada hari Selasa, 2 Desember 2011, di Ruang Sidang FIAI UII. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ka.Prodi Pendidikan Agama Islam Dr. Drs. Muhammad Idrus, S. Psi., M. Pd dan Sekretaris Dr. Djunanah, MIS, bahkan mahasiswa angkatan 2009 dan 2007 yang tengah menyelesaikan skripsinya.

Dalam Kesempatan itu, Muhammad Idrus mengatakan mahasiswa angkatan 2008 atau pada posisi semester 7 merupakan waktu yang krusial terkait persiapan skripsi, apalagi sebagian mahasiswa yang berkonsultasi belum mampu menyelaraskan logika pemikiran. Ia juga menyarankan kepada mahasiswa untuk menghindari judul yang sudah out of date, sehingga mahasiswa diminta untuk jeli dalam membaca, baik literatur ataupun fenomena. “pertimbangkan kebermanfaatan skripsi terkait dengan teoriktik keilmuan dan juga dari segi praksis sebagai kontribusi pendidikan secara lokal maupun global” harapnya kepada peserta.

Kegiatan tersebut sekaligus digunakan sebagai wadah sharing bagi mahasiswa untuk menanyakan hal-hal terkait permasalahan penulisan skripsi dan prasyarat tugas akhir untuk kelulusan di S1. Beberapa persoalan utama yang  diutarakan mahasiswa adalah susahnya dalam menentukan tema  skripsi, prosedur pengajuan judul skripsi dan berbagai hal menyangkut metode penyelesaian tugas akhir mereka.