Gerakan Sodaqoh Mahasiswa Ekis 2011

 

Menjelang tahun 2012 dan Ujian Akhir Semester Ganjil, mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam FIAI UII angkatan 2011 mengadakan aksi gerakan peduli sesama dengan mengunjungi Panti Asuhan al-Ghifari Turi Sleman, pada hari Sabtu, 31 Desember 2011. Melalui gerakan bertajuk “Shodaqoh Ekis untuk Peduli Sesama”, mereka menyalurkan bantuan berupa uang tunai dan sembako seperti beras , mie instant , minyak goreng , dan telur untuk penghuni panti asuhan yang korban letusan Merapi 26 Oktober 2010 lalu.

 

Kaprodi Ekonomi Islam FIAI UII, Nurkholis, S.Ag., M.Sh.Ec., secara terpisah mengungkapkan aksi tersebut merupakan gerakan spontanitas mahasiswa ekonomi Islam FIAI yang lahir setelah mengikuti salah satu materi perkulihan tentang kedahsyatan sodaqoh (the power of giving) yang disampaikan olehnya.  Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan sodaqoh memiliki efek positif yang luar biasa yang dapat dirasakan oleh pemberi baik langsung maupun tidak dan secara materi maupun non materi. Sementara itu, dana diperoleh dari sodaqoh mahasiswa  Ekis semester 1 angkatan 2011 yang diadakan rutin setiap harinya ketika kegiatan perkuliahan selama kurang lebih 2 bulan.

Gerakan Sodaqoh Mahasiswa Ekis 2011

Marwanto selaku pengelola panti asuhan memberikan sambutan hangat atas kedatangan mahasiswa. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi penghuni panti asuhan yang berjumlah 33 orang terdiri dari anak-anak berumur 4-13 tahun yang  telah kehilangan keluarga tercintanya. Hal senada diungkapkan oleh Panji, mahasiswa prodi EKIS FIAI. Ia mengatakan sodaqoh adalah cara yang paling tepat untuk membiasakan diri untuk berbagi terhadap sesama karena dalam al-Qur’an sudah tertulis. “Sodaqoh merupakan salah satu kebijakan ekonomi Islam selain menjauhi yang haram, riba, ghoror dan maysir” katanya.