FIAI dan BMT Haniva Bentuk Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah

 

Fakultas Ilmu Agama Islam bersama Baitul maal Wattamwiil (BMT) Haniva Yogyakarta menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) untuk melakukan kerjasama dalam pembentukan pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS) BMT milik FIAI, at Ta’awun. Kerjasama tersebut diikrarkan dalam Surat Perjanjian Kerjasama antara Dekan FIAI UII Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, S.H., M.Hum dengan General Manager BMT Haniva Imam Muttaqien, SHI pada hari Selasa (3/1) di Ruang Sidang FIAI UII.

 

Pembentukan BMT di FIAI bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam praktik keuangan Islam sekaligus sebagai pemberdayaan karyawan dan masyarakat luas. Selain itu, pembentukan BMT juga diharapkan mampu menjadi percontohan untuk pergerakan keuangan Islam dalam ranah mikro yang benar-benar dibentuk berdasarkan ideologi syari’ah.

FIAI dan BMT Haniva Bentuk Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah

Tujuan lainnya juga untuk menjadi media pembelajaran riil bagi mahasiswa yang membutuhkan pengetahuan dalam manajemen Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah khususnya sebagai bekal mahasiswa akhir dan alumni untuk membentuk sebuah lembaga pemberdayaan dan keuangan mikro syari’ah di daerah mereka masing-masing. Sebagaimana dijadwalkan, Koperasi dan BMT at Ta’awun akan siap beroperasi pada bulan Februari 2012.