Al-Faraby Sembelih Hewan Qurban di Turi

Memperingati Idul Adha 1432 H, Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Al-Faraby FIAI UII mengadakan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Kali ini kegiatan penyembelihan qurban dilaksanakan di Dukuh Ngandong, Girikerto, Turi, Sleman, pada Ahad, 6 November 2011. Ketua LDF Al-Faraby, Saefulah Yusuf, mengatakan bahwa selain pemotongan hewan qurban, panitia mengadakan berbagai perlombaan anak-anak TPA baik indoor maupun outdoor, takbir keliling, shalat Idul Adha bersama masyarakat, dan Tabligh Akbar oleh K.H. Ma’mun Kholiq.

 

“Walaupun hawa sangat diingin, tetapi kami senang dan bersyukur acara dapat berjalan lancar, bi idznillah semoga niat dakwah kami di terima Allah SWT”, Saefullah Yusuf mengungkapkan. Sementara itu, dalam khutbahnya, K.H. Ma’mun Kholiq mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan ibadah qurban, shalat, dan ibadah lainnya kepada Allah SWT. “Poro Bapak-bapak, Ibu-Ibu, lan mas-mba’ saking JAF FIAI UII, monggo kito sedoyo qurbano, sholato, lan ngibadaho mareng gusti Allah SWT”, katanya dalam bahasa Jawa.

Al-Faraby Sembelih Hewan Qurban di Turi Pada Idul Adha 1432 H ini, panitia berhasil menghimpun 9 ekor kambing dari berbagai sumber antara lain Dra. Djuwarijah, M.Si dan Dr. Dra. Djunanah, MIS (dosen FIAI), Ahmad Hafi, Delfa, Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII, takmir masjid Umar bin Khattab, dan 3 ekor lainnya dari masyarakat setempat.

Ketua panitia Rosyad Margani, mengungkapkan rasa syukurnya karena acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah acaranya sukses, persiapan panitia sangat matang, dan anak-anak TPA juga ramai, meskipun antusias masyarakat masih perlu ditingkatkan kembali,” terang Rosyad. Hal senada disampaikan Apriliani (bendahara panitia), acara tersebut tidak akan terlupakan karena selain dakwah kepada masyarakat, ibadah qurban ini menarik perhatian para generasi muda setempat, dengan kembang api dan atraksi para panitia dalam rangka memeriahkan serangkaian agenda Idul Adha tersebut.