Diseminasi Hibah Pengajaran

Dua dosen FIAI, yaitu Uzaifah, S.E.I., M.S.I. dan Drs. Muzoffar Akhwan, M.A., berhasil menembus seleksi program hibah pengajaran yang diadakan Badan Pengembangan Akademik. Keduanya kemudian menyampaikan hasil hibahnya dalam bentuk diseminasi kepada dosen-dosen di lingkungan FIAI beberapa waktu yang lalu.

 

Uzaifah melalui program ‘Teaching Innovation Grant Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dengan Muatan Local Jenius Melalui Sebuah Permainan Bisnis Capitalism II’ berhasil meningkatkan hasil belajar, kemampuan kerjasama dan tingkat kehadiran dan keaktifan mahasiswa. Menurutnya permainan tersebut dapat diintegrasikan dengan formula MS Office Excel sebagai wahana berlatih dan penajaman analisa dalam mata kuliah manajemen keuangan Syariah.

Dalam permainan tersebut memuat kontrol korporasi sebagai seorang CEO dengan pilihan bidang usaha dan jenis produksi variatif dan alur kerja pada masing-masing badan usaha didukung data perusahaan yang lengkap dan dapat dimainkan secara kelompok. “Disain pembelajan ini juga bisa diaplikasikan dalam beberapa mata kuliah lanjutan dan terkait seperti manajemen keuangan mikro syariah dan kewirausahaan” ungkapnya.

Sementara itu, Muzoffar Akhwan dalam hibahnya tentang ‘Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Internet yang Humanis dan Menyenangkan Bagi Mahasiswa pada Matakuliah Filsafat Pendidikan Islam’ mengungkapkan mahasiswa akan lebih beragairah, kreatif, dan mampu bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan pendidikan Islam yang memerlukan analis filsafat. Sedangkan bagi dosen dapat mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan mahasiswa terhadap materi. “Course design dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran matakuliah lain yang berbasis pemikiran yang sistematis dan rasional”, tegasnya.