Tabligh Akbar Isra’ Mi’raj 1432 H

Dalam rangka memperingati hari besar umat Islam, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1432 H, Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) al Faraby FIAI UII mengadakan Tabligh Akbar di desa Ngandong, Turgo, Sleman (28/6). Dengan tema “Memperkuat Iman dan Taqwa dengan meneladani Nabi Muhammad SAW” acara tersebut diisi pengajian bersama Ustadz Muhammad Roy, M.A., pengasuh Pondok Pesantren UII.

Kegiatan berlangsung sangat meriah dihadiri dengan sekitar 500 orang lebih, baik dari kalangan orang tua, dewasa, remaja, maupun anak-anak dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai. Dalam kesempatan itu, ia mengajak jama’ah untuk melaksanakan solat lima waktu dan tidak boleh meninggalkannya. “Monggo, ibu-ibu lan bapak-bapak, kito sedoyo sareng-sareng njalanaken perintahe kanjeng nabi Muhammad SAW, sampun ninggalaken sholat limang wektu”, ujar Roy dengan logat Jawanya yang disambut antusias oleh para jama’ah dan masyarakat setempat.

 

Menurut Syaifulloh Yusuf, Ketua LDF al Faraby, kegiatan tersebut diadakan sebagai salah satu bentuk kecintaan kami terhadap nabi Muhammad SAW dan sebagai tolak ukur umat muslim untuk membangkitkan iman, taqwa, khususnya akhlak kepada sesama.

Hal senada juga dilontarkan Suharyanto, ketua panitia. Menurutnya, tidak hanya acara-acara besar saja, tetapi justru harus ada pembinaan secara rutin bagi masyarakat desa Ngandong disebabkan latar belakang pengetahuan agama mereka yang masih lemah.

Isra’ adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari masjid Haram ke masjid Aqsa. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari masjidil Aqsa ke langit tujuh, ke Sidrotil Muntaha, Hari dimana nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Umat Islam biasa memperingatinya setiap bulan Rajab.