LPM Adakan Sekolah Jurnalistik Tingkat Dasar

Sebagai langkah regenerasi Lembaga Pers Mahasiswa Pilar Demokrasi kembali mengadakan Sekolah Jurnalistik Tingkat Dasar (SJTD) bagi mahasiswa baru FIAI di Ruang Sidang FIAI selama empat hari yaitu 26-27 Februari 2011 dan 05-06 Maret 2011. Asep Supriyadi, Pemimpin Umum mengatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk mengkader peserta yang bergabung di LPM Pilar Demokrasi agar memahami dasar-dasar jurnalistik dan memahami lembaga pers mahaiswa.

Dalam SJTD ini, LPM kami mengundang pemateri-pemateri yang kompeten dibidangnya dengan materi seperti sembilan elemen jurnalisme, reportase dan penulisan berita. Narasumber yang diundang yakni Tutor Tomy Apriando, Jurnalis LPM Keadilan, BP PPMI Nasional dan aktivis KONTRAS Jakarta. Tutor, sapaan akrabnya mengajak peserta untuk langsung praktik reportase dan wawancara. Menurutnya ilmu jurnalistik dapat dikatakan ilmu pertukangan atau sill, oleh karena itu maka perlu ada praktek.

Selain itu,  pengenalan tentang LPM Pilar Demokrasi juga menjadi materi wajib dalam SJTD yang disampaikan oleh PU Asep Supriyadi, investigative reporting oleh Ahmad Rifa’i dan tentang PPMI, Sejarah Pers dan Jurnalistik disampaikan oleh Richy Ricardhus Anyan, Mahasiswa Sanata Dharma, anggota LPM Natas dan Sekjen PPMI Kota Yogyakarta.

Sementara untuk membekali peserta dalam dunia jurnalistik, panitia juga memberikan teori dan praktik tentang fotografi pers bersama ahmad Zulfikar anggota LPM Pilar Demokrasi. Melalui materi ini mereka diajak mengenal dasar-dasar fotografi dalam jurnalistik. Iapun mengajaka peserta untuk praktik langsung hunting foto di kawasan wisata Monumen Jogja Kembali (MONJALI).  Dalam kesempatan itu, Syukur, ketua panita mengharapkan agar pelatihan kali ini dapat diaplikasikan dengan baik yang diamini oleh Asep bahwa pelatihan ini tidak berhenti sampai disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *