FIAI Peroleh Hibah dari Kemenag RI

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) bersama dengan 15 perguruan tinggi islam swasta lainnya di Indonesia memperoleh bantuan pengembangan atau pengadaan sarana pendidikan tinggi berupa hibah senilai Rp125 juta dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam untuk tahun anggaran 2010.

Sebagaimana dijelaskan oleh Nurkholis S.Ag.M.Sh.Ec. selaku tim proposal bahwa hibah tersebut sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi di lingkungan perguruan tinggi islam. Bentuk bantuan pengembangan berupa program penguatan information and communication technology (ICT)  dan pengembangan teknologi kependidikan seperti laboratorium komputer beserta perangkat pendukung lainnya seperti disebutkan dalam petunjuk teknis (Juknis) yang telah ditetapkan dalam SK Kemenag RI.

Laboratorium Komputer FIAI

“Hibah ini kami dapatkan setelah pengajuan proposal sejak tahun ajaran 2008/2009 lalu dan akan digunakan untuk memperbaharui sarana lab komputer serta sarana pendukung lainnya agar lab yang dimiliki oleh FIAI bisa lebih baik bagi mahasiswa” ujarnya.Dalam Juknis disebutkan bahwa salah satu standar isi pendidikan yang harus dipenuhi sebagai bagian integral dari konsep pendidikan adalah standar sarana prasarana pendidikan seperti yang telah digariskan dan dituangkan secara legal formal dalam koridor regulasi yang jelas seperti Undang-Undang Sistem Pendidikan, Undang-Undang Guru dan Dosen dan PP tentang Badan Standar Nasional Pendidikan.

Bahkan maksud dan tujuan dari pemberian bantuan tersebut untuk membantu dan mendorong PTAIS dalam meningkatkan mutu sarana penunjang, proses dan hasil pembelajaran. Selain itu dengan bantuan ini diharapkan skill mahasiswa PTAIS dalam bidang teknologi pembelajaran juga menjadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan citra dan memiliki daya saing.

Sementara untuk mengembangkan teknologi kependidikan, bantuan terdiri atas satuan kegiatan yakni workshop pengembangang teknis ICT dan pengadaan ICT sampai pada uji coba peralatan dengan spesifikasi berupa persiapan dan penyediaan pengaman ruangan laboratorium, workshop, pengadaan peralatan CT dan teknologi kependidikan serta maintenance operasionalisasinya