Bedah Buku Metode Penelitian Sosial

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) Fakultas Ilmu Agama Islam UII dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah bekerjasama dengan Penerbit Erlangga, menggelar bedah buku berjudul Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bedah buku yang dilaksanakan pada Senin, 27 September 2010 ini dilaksanakan di Hall FIAI UII.

Buku yang dibedah merupakan karya Dr Muhammad Idrus S.Psi M.Pd., Kaprodi Pendidikan Agama Islam FIAI UII. Buku ini merupakan edisi kedua setelah buku edisi pertama yang berjudul Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Edisi kedua sebagai penyempurnaan buku pertama tersebut kembali diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.

 

Kepala Cabang Erlangga Yogyakarta (Kiri) saat menyampaikan sambutan didampingi Dekan FIAI

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kepala  Cabang Penerbit Erlangga Wilayah Yogyakarta, Ugartua Rumoharjo. Ugar dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu dari arti metode ialah metode penelitian seperti apa yang ada didalam buku karya dosen FIAI ini. Lebih lanjut ia mengharapkan adanya naskah-naskah lain yang siap diterbitkan oleh Erlangga tentang hubungan Malaysia-Indonesia. Bahkan ia juga menginginkan adanya lulusan sarjana agama untuk bekerja di Erlangga karena susah mencari orang jujur.

Dalam kesempatan itu Dr. Harun ar Rasyid, M.Pd. tampil sebagai pembedah atau pembahas dan Dr. Muhammad Idrus, S.Psi., M.Pd. sebagai narasumber. Sementara Drs Hujair AH Sanaky MSI bertindak menjadi moderator. Sebagai penulis Dr. Idrus menjelaskan buku setebal 266 halaman terdiri dari empat belas bab telah dilampiri contoh-contoh proposal penelitian untuk memudahkan mahasiswa dalam meneliti maupun menyelesaikan tugas akhirnya.

 

Dr. Idrus (Kiri) memaparkan Ringkasan isi bukunya didampingi Hujair Sanaky sebagai Moderator (Tengah) dan Dr. Harun sebagai Pembahas (Kiri)

Model pemaparan buku berseling antar pendekatan  untuk mengantar pembaca dalam memahami secara seimbang 2 pendekatan dan pada setiap awal bab diberi refleksi tentang masalah yang terkait dengan bab yang akan dibahas. “Kelebihan buku ini membahas dua metode atau pendekatan, pembahasan berseling antar metode, tidak saling mempertentangkan, tapi komplementer, proporsi pembahasan konsep dan contoh berimbang dan disertai contoh dari  hasil penelitian riil serta contoh proposal dengan tiga  pendekatan”, ujarnya.

Sementara Dr. Harun Ar-Rasyid menilai, bahwa buku karya Dr. Idrus memang berbeda dengan buku-buku penelitian lainnya. Karena praktis dan memudahkan pembacanya dalam memahami metode penelitian ilmu-ilmu sosial apalagi dilampirkan beberapa contoh proposal penelitian. Sebagai peneliti dan Ketua Jurusan PGSD FIP UNY ia pun mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki buku tersebut karena mudah dan praktis.

Acara yang dari pukul 09.00 WIB sampai menjelang Dzuhur ikuti oleh mahasiswa FIAI dan umum berlangsung antusias. Hal itu ditandai dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan dari peserta seperti dilontarkan oleh Yasir Wildan mahasiswa prodi Tarbiyah yang bertanya tentang banyaknya metode penggunaan library reseach dalam penulisan skripsi apakah termasuk kualitatif atau kuantitatif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *