Agus Raih Juara III LKTEI UNSOED

Muhammad Agus Khoirul Wafa, mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Angkatan 2006, berhasil meraih Juara III dalam Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) yang diadakan oleh Universitas Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto, 8-9 November 2009 lalu. Agus, demikian dia biasa dipanggil mengangkat judul ‘Analisa Potensi Sistem Ekonomi Islam Dalam Dinamisasi Sistem Keuangan Negara’ pada makalah yang dipresentasikannya.

Tujuan utama dilaksanakannya LKTEI ini antara lain untuk menganalisa langkah-langkah mewujudkan sistem keuangan Indonesia yang stabil dan imbang. Hal ini tertu saja memerlukan adanya suatu sistem ekonomi yang baik dan Ekonomi Islam menjadi solusi bagi hal tersebut, terutama pada bidang pasar modal syariah dan lembaga keuangan syariah. Selain LKTEI, kegiatan lain juga dilombakan yaitu Olimpiade Nasional Ekonomi Islam dan juga diadakan Talkshow Nasional Ekonomi Islam. Rangkain kegiatan tersebut terbungkus dalam SEVEN feat SHELTER.

 

Agus (Kanan) Saat Menerima Penghargaan Atas Prestasinya

Talkshow Nasional Ekonomi Islam yang digelar dalam rangkaian kegiatan SEVEN feat SHELTER ini menghadirkan narasumber-narasumber dari berbagai lembaga ekonomi nasional. Antara lain Erry Firmansyah (Direktur Utama Bursa Efek Indonesia) sebagai Keynote Speaker. Talkshow uga menghadirkan Dr. Ahmad Fuad Rahmany (Ketua BAPEPAM-LK – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan), Pimpinan PT ASTRA Tbk., A. Riawan Amin (Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk), Muhamad Syafi’i Antonio (Pengamat Ekonomi Syari’ah), Ir. Adiwarman Azwar Karim, S.E., M.A., (Karim Business Consulting), Ketua DSN MUI (Dewan Syari’ah Nasonal – Majelis Ulama Indonesia), Bank Indonesia serta Prof. Anwar Nasution (Mantan Ketua BPK-RI).

Talkshow ini diarahkan untuk mengupas perkembangan sistem ekonomi Islam di dunia dan Indonesia, latar belakang dan konsep pasar modal syariah di Indonesia, peran pasar modal syariah dalam stabilitas keuangan Indonesia, pasar modal syariah, prospek dan tantangannya di Indonesia. Selain itu, talkshow juga membahas perkembangan stabilitas sistem keuangan di dunia dan Indonesia, masalah-masalah stabilitas sistem keuangan dunia dan Indonesia, pengaruh elemen-elemen sistem keuangan syariah dan konvensional dalam mewujudkan stabilitas sistem keuangan, keunggulan dan kelemahan elemen-elemen sistem keuangan syariah, masalah-masalah dalam pengembangan elemen-elemen sistem keuangan syariah dan seberapa rentan atau kuat elemen-elemen sistem keuangan syariah terhadap gejolak ekonomi dunia.